Selasa, 04 Feb 2020 13:18 WIB

Harga Masker N95 Tembus Rp 3 Juta, Padahal Bikin Susah Bernapas

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Afghanistan perketat pengawasan di bandara terkait wabah virus corona. Para penumpang yang tiba di bandara mendapat pemeriksaan kesehatan dari petugas bandara. Karena sangat ketat, masker N95 sebenarnya bukan untuk pemakaian sehari-hari (Foto: AP Photo/Rahmat Gul)
Jakarta -

Permintaan masker semakin meningkat terkait dengan maraknya pemberitaan virus corona baru. Apotek dan toko yang menjual masker pun mengaku kehabisan stok.

Menipisnya stok masker ini membuat sebagian oknum menyalahgunakan momen tersebut dengan menjual masker mencapai harga Rp 3 juta.

Direktur Utama Pertamedika IHC, dr Fathema Djan Rachmat, mengimbau agar harga masker tidak dibuat mahal.

"Kalau masker sampai 3 juta saya belum dengar karena memang masker sangat dibutuhkan dari RS sebetulnya masih banyak ya cadangan. Tetapi saya juga mengimbau kalau masker sampai harganya seperti itu ya jangan lah," jelasnya saat ditemui di Rumah Sakit Umum Pertamina, Selasa (4/2/2020).

Cara pakai masker yang benar agar efektif menangkal virus corona.Cara pakai masker yang benar agar efektif menangkal virus corona. Foto: infografis detikHealth

Menurutnya, masker adalah salah satu pencegahan yang cepat dan efektif, serta harga yang semestinya terjangkau.

"Saya mengimbau dari pemerintah juga turun ya atau, dari BPOM juga, masker itu jangan sampai mahal, agar harganya normal," pungkasnya.

Masker N95 yang dijual bebas sebenarnya kurang dianjurkan untuk digunakan kalangan umum dan dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Masker tersebut lebih cocok dipakai oleh beberapa profesi yang bekerja di lab.

"Nggak bisa lama-lama pake masker itu (N95). Beberapa jam aja sudah sesak," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno Hatta, dr Anas Ma'ruf.



Simak Video "Kapan Waktu yang Baik untuk Gunakan Masker?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)