Selasa, 04 Feb 2020 16:00 WIB

Harga Masker N95 Sampai Rp 3 Juta, Dokter Paru Sampai Terkaget-kaget

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Pesawat tipe A-330 milik Batik Air melakukan persiapan untuk menjemput Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Sabtu (1/2/2020). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/gp/hp. Masker N95 lebih ditujukan untuk tenaga kesehatan yang memang menghadapi risiko tinggi, bukan untuk pemakaian sehari-hari. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Jakarta -

Kepanikan masyarakat akan virus corona semakin menjadi-jadi. Hal ini disebabkan kelangkaan masker N95 yang dipercaya ampuh untuk mencegah penularan virus ini.

Sayangnya kepanikan ini dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab, yang hanya ingin mencari keuntungan semata. Tak tanggung-tanggung, para oknum menjual masker N95 dengan harga fantatis di beberapa toko online yakni Rp 1,8 juta bahkan sampai Rp 3 juta.

Menanggapi hal ini, dokter spesialis paru-paru, dari RS Persahabatan, Jakarta Timur, Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K), mengaku kaget mengetahui ada masker N95 yang dijual hingga Rp 3 juta per paknya.

"Waduh mahal banget! Luar biasa keterlaluan. Berapa kali lipat itu (naiknya)," kata dr Erlina kepada detikcom, Selasa (4/2/2020).

Tidak perlu juga orang sehat pakai masker N95. Nggak kuat itu paling 2 jam sudah sesak.Dr dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K) - RS Paru Persahabatan

dr Erlina merasa prihatin dengan kejadian ini, lantaran masih saja ada oknum yang memanfaatkan musibah yang sedang di derita oleh orang banyak, yakni wabah virus corona sebagai ladang keuntungan.

"Hati nurani gitu ya jangan memanfaatkan keadaan dan saya imbau juga ke masyarakat jangan panik yang berlebihan dan jangan lebay, kita nggak ada kasusnya kok yang positif," jelas dr Erlina.

Ia pun menegaskan, masker n95 hanya untuk digunakan oleh petugas kesehatan, dan sebaiknya masyarakat menggunakan masker bedah saja.

"Tidak perlu juga orang sehat pakai masker N95. Nggak kuat itu paling 2 jam sudah sesak," ucapnya.

"Kalau mau pakai masker, masker bedah saja sudah cukup," tuturnya.



Simak Video "Kapan Waktu yang Baik untuk Gunakan Masker?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)