Selasa, 04 Feb 2020 18:46 WIB

1 WNI Tertular Virus Corona, Kemenkes Koordinasi dengan KBRI Singapura

Firdaus Anwar - detikHealth
ANTARA FOTO/ Pengumuman waspada virus corona Seorang WNI tertular virus corona di Singapura. (Foto ilustrasi: ANTARA FOTO/ Pengumuman waspada virus corona)
Jakarta -

Satu warga negara Indonesia (WNI) di Singapura positif terinfeksi virus corona baru (2019-nCoV). Hal ini diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) ketika pada Selasa (4/2/2020) sore.

Dilansir Channel News Asia, WNI tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke China, namun diketahui bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk salah satu warga setempat yang juga terinfeksi virus. Sang warga diduga terinfeksi saat bekerja di toko kesehatan yang kerap didatangi rombongan turis China.

"Kementerian Kesehatan telah memulai pelacakan kontak untuk mengidentifikasi individu-individu yang melakukan kontak dekat dengan kasus-kasus ini, sehingga dalam memagari dan membatasi penyebaran lebih lanjut," tegas Menteri Kesehatan Singapura, Gan Kim Yong.

Terkait hal tersebut Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Achmad Yurianto, mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan KBRI Singapura.

"Koordinasi dan pendampingan oleh KBRI Singapura," kata dr Yuri pada detikcom.

Hanya saja karena kejadian terjadi di Singapura maka penanganannya akan diserahkan ke pemerintah setempat.

"Ini tanggung jawab Singapura karena kejadian di Singapura," ungkapnya.



Simak Video "Kabar Terbaru dari Iran soal Uji Coba Obat Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)