Rabu, 05 Feb 2020 13:37 WIB

Hoax or Not

Benarkah WHO Serukan Agar Dunia Isolasi China karena Virus Corona?

Firdaus Anwar - detikHealth
Hoax WHO serukan isolasi China karena virus corona. Beredar artikel yang menyebut WHO serukan dunia isolasi China. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta -

Di media sosial beredar kabar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan agar dunia internasional mengisolasi China terkait wabah virus corona (2019-nCoV). Hal tersebut diklaim diungkap oleh Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

"Isolasi China ??? Kalau WHO yang bicara tentu bukan sebuah kebohongan...," kata salah satu pengguna Facebook yang turut membagikan artikel pada Sabtu (1/2/2020).

Artikel yang menyebut WHO rekomendasikan dunia isolasi China tersebut hingga kini telah dishare lebih dari 800 kali. Penelusuran detikcom menemukan artikel ini dibuat ketika WHO secara resmi mengumumkan status darurat global virus corona pada hari Jumat (31/1/2020).

Namun demikian tidak ditemukan pernyataan dari Tedros yang menyebut dunia harus isolasi China atau melarang perdagangan dengan China.

WHO justru mengutarakan agar negara-negara jangan berlebihan menerapkan aturan larangan bepergian.

"WHO tidak menyarankan pembatasan perdagangan atau lalu lintas internasional. Pembatasan bepergian malah hanya akan menyebabkan lebih banyak kerugian daripada manfaat karena menghalangi arus informasi dan suplai medis serta merusak ekonomi," kata Tedros seperti dikutip dari akun Twitter resmi WHO pada Rabu (5/2/2020).

"Kami meminta negara-negara dan perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan bukti," pungkasnya.

Jadi bisa dipastikan seruan WHO agar dunia mengisolasi China adalah bohong alias hoax.



Simak Video "WHO: Status Wabah Virus Corona Darurat Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)