Rabu, 05 Feb 2020 16:30 WIB

Harganya Capai Rp 3 Juta, Seberapa Efektif Masker untuk Cegah Virus Corona?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pedagang merapikan masker di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (4/2/2020). Menurut keterangan pedagang, harga masker di pasar Pramuka mengalami kenaikan yang semula dihargai Rp195.000 hingga ribu Rp250.000 per box naik menjadi Rp1.700.000 tergantung merek, karena mewabahnya virus corona di sejumlah negara. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp. Masker langka imbas virus corona. (Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Jakarta -

Permintaan masker N95 meningkat pesat seiring melonjaknya kasus penularan virus corona di beberapa negara. Bahkan di toko alat kesehatan, beberapa kali stok masker langka.

Ditengah kelangkaan tersebut, ada saja yang mengambil keuntungan dengan menjual masker dengan harga selangit. Pantauan detikcom, di lapak online harga masker N95 tembus Rp 3 juta.

Lalu, seberapa efektif sih sebenarnya penggunaan masker untuk mencegah virus corona?

"Jika itu adalah masker biasa, jawabannya adalah tidak," kata dr William Schaffner, spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University, Tennesse, dikutip dari Live Science.

Fakta Masker N95Fakta Masker N95 Foto: infografis detikHealth


Masker bedah atau masker 'ojol' oleh beberapa pakar disebut kurang efektif dalam mencegah virus masuk ke saluran pernapasan. Sementara untuk jenis N95, banyak yang menyebut lebih melindungi terhadap paparan virus corona 2019-nCoV karena lebih tebal daripada masker ojol.

Tapi, para ahli tidak terlalu merekomendasikan masker N95 untuk penggunaan secara umum. Memakainya dalam waktu lama akan membuat orang sulit bernapas dan merasa sesak.

Menurut dr Diah Handayani, spesialis paru dari RS Paru Persahabatan, masker N95 dibutuhkan pada situasi yang berisiko tinggo seperti di rumah sakit dan ketika berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk. Namun jika dipakai dengan benar, masker ini memang terasa tidak nyaman bagi orang kebanyakan.

"Kalau nggak nyaman, malah buka pasang juga," katanya.



Simak Video "Masker Apa yang Paling Efektif Tangkal Virus Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)