Minggu, 09 Feb 2020 05:00 WIB

Kebiasaan Ini Bisa Bantu Cegah Stroke Sejak Dini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tulisan dan definisi stroke di kamus. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke di usia dini (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Istri dari mendiang Chrisye, Damayanti Noor dikabarkan meninggal dunia karena stroke. Ia meninggal pada Sabtu (8/2) di kawasan Puncak, Cimacan, Jawa Barat.

"Iya, stroke," kata pengamat musik sekaligus kerabat keluarga Chrisye, Stanley Tulung, saat dihubungi detikcom, Sabtu (8/2/2020).

Belakangan, kabar ini dibantah anak Chrisye, Rayinda Prasathya atau Pasha. Menurutnya, sang ibu meninggal bukan karena stroke.

"Untuk yang stroke itu, itu sebenarnya nggak benar. Karena ibu saya nggak ada riwayat stroke. Memang ada riwayat darah tinggi, memang tiap pagi minum obat. Riwayat darah tinggi dikontrol. Ini memang sudah waktunya menurut kami," ujar Pasha.

Bukan hanya pada usia lansia, generasi milenial juga rentan terkena stroke. Hal ini disebabkan ada berbagai faktor risiko stroke yang lekat dengan pola hidup masa kini. Mulai dari makanan tidak sehat, kurang gerak, hingga jarang lakukan medical check up.

Untuk mencegahnya, ada 5 kebiasaan yang dikutip dari Harvard Health Publishing ini bisa dilakukan mulai sekarang.

1. Tidak merokok

Perlu diketahui, perokok dua kali lipat lebih berisiko terkena stroke. Ini karena kandungan nikotin dalam rokok yang berbahaya bagi jantung.

Merokok juga bisa membuat darah lebih kental sehingga menyebabkan penimbunan plak di dalam pembuluh darah. Akhirnya aliran darah dan oksigen ke otak terhambat, dan berujung stroke.

2. Banyak bergerak dan olahraga

Jika kamu banyak bergerak dan olahraga, tingkat kolesterol dan tekanan darah akan menurun. Diketahui, kolesterol dan tekanan darah yang tinggi bisa dengan mudah memicu penyakit stroke. Cara simpelnya, bisa dengan banyak jalan kaki, bersepeda, dan juga naik turun tangga.

3. Banyak makan sayur

Banyak makan sayur ternyata juga bisa mengurangi risiko berbagai macam penyakit berbahaya, seperti stroke, diabetes, obesitas, kolesterol, hingga hipertensi. Kurangi makan makanan kekinian yang tinggi lemak, kolesterol, dan garam.

Yuk mulai rajin makan sayur.

4. Jaga berat badan

Salah satu faktor penyebab stroke itu adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk mencegahnya terjadi, jaga berat badan yang ideal dan sesuai dengan diri masing-masing. Jangan lupa jaga asupan dan rajin olahraga ya.

5. Rutin mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko stroke. Agar bisa terhindar dari penyakit ini, kamu harus mulai kurangi asupan garam, lemak, dan rutin kontrol tekanan darah ke dokter.

Akan lebih bagus lagi jika kamu juga rutin melakukan medical check up, agar kondisi tubuh bisa diketahui secara jelas.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)