Senin, 10 Feb 2020 12:00 WIB

RI Belum Terjangkit Virus Corona, Riset Harvard Jadi Pengingat untuk Waspada

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan sosialisasi terkait virus corona di Apartemen Mediterania Garden 2, Jakarta, Kamis (6/1). Sosialisasi tersebut disambut baik warga. Pengecekan temperatur sebagai langkah antisipasi virus corona. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Sudah sebulan lebih wabah virus corona 2019-nCoV menjadi ancaman di berbagai negara, dan belum ada satu pun kasus positif di Indonesia. Hingga kini, hari Senin (10/2/2020), jumlah yang terinfeksi sudah mencapai 40.552 kasus dan 910 di antaranya meninggal dunia.

Memiliki wilayah yang cukup besar, tentu menjadi tantangan tersendiri dalam menjaga virus corona agar tidak masuk ke Indonesia. Terlebih sebuah penelitian di Harvard University memperkirakan seharusnya sudah ada kasus yang dilaporkan di Indonesia.

"Itu merupakan tantangan sendiri tapi kita harus tetap memelihara kewaspadaan petugas-petugas yang ada di garis depan," kata Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio, kepada detikcom, Senin (10/2/2020).

Prof Amin juga mengatakan perlu adanya kesiapan yang memadai dari sisi pendeteksian pasien yang diduga terinfeksi virus corona. Sebab pengecekan yang dilakukan, tak bisa hanya bergantung kepada petugas di bandara maupun pelabuhan.

"Jadi di back office atau laboratorium dan sebagainya harus tetap memiliki kapasitas yang memadai secara kualitas maupun kuantitasnya dalam menangani kasus ini," ucap Prof Amin.

Sebab kemungkinan virus corona masuk ke Indonesia, tetap saja bisa terjadi. Lantaran mengingat negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia pun sudah terinfeksi virus ini.

"Namanya juga kita menghadapi suatu ancaman dari luar, kalau kita menganggap tidak mungkin kan berarti kita nggak usah siaga satu kan," jelasnya.

"Jadi kalau ditanya kemungkinan, ya ancaman itu ada," pungkasnya.



Simak Video "Dugaan Lain Munculnya Virus Corona, Kebocoran Laboratorium Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)