Senin, 10 Feb 2020 13:14 WIB

Ciri-Ciri Virus Corona, Pada Penderita Hingga Pencegahannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Blood sample with respiratory coronavirus positive Virus corona, ciri-ciri hingga pencegahannya. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Sejak muncul pertama kali pada Akhir Desember 2019 lalu, virus corona atau coronavirus semakin mewabah di China dan beberapa negara lainnya di dunia. Tak hanya penyebarannya, masyarakat juga mulai mencari info terkait ciri-ciri virus corona.

Coronavirus merupakan penyakit karena virus dari familia Coronaviridae yang bisa terjadi pada manusia dan juga hewan mamalia seperti kucing dan babi. Virus corona atau corona virus pertama kali diidentifikasi pada 1960, namun banyak sumber yang diduga jadi asal virusnya, seperti kelelawar hingga ular kobra.

Nama coronavirus berasal dari bentuknya yang mirip mahkota. Pada beberapa kasus, virus corona bisa menginfeksi hewan dan manusia. Kebanyakan virus corona menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Coronavirus menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi. Penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan pegangan pintu atau bagian lain yang umum disentuh.


Setiap orang mungkin pernah terinfeksi coronavirus atau virus corona sedikitnya sekali. Di Amerika, infeksi coronavirus biasa terjadi pada musim dingin dan gugur. Infeksi biasa terjadi pada anak-anak, namun siapa saja bisa terkena coronavirus.

Coronavirus atau virus corona adalah sebuah virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari gejala ringan seperti flu biasa hingga penyakit parah seperti SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome dan MERS-CoV. Ciri-ciri virus corona sendiri hampir mirip dengan infeksi pernapasan akut pneumonia.

Ciri-ciri virus corona dari orang yang terinfeksi

Untuk mengantisipasi adanya virus corona di lingkungan sekitar, ada ciri-ciri yang bisa dikenali dari orang yang terinfeksi. Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, ciri-cirinya yaitu:

1. Mempunyai riwayat bepergian ke negara China, terutama kota Wuhan dan sekitarnya.

2. Mengalami demam tinggi

3. Sakit kepala

4. Flu atau pilek

5. Batuk-batuk parah

6. Sesak nafas

7. Kesulitan dalam bernapas

Jika ciri-ciri virus corona atau gejala muncul, segera bawa pasien ke rumah sakit yang bisa menanganinya. Tiga rumah sakit di Jakarta yang menjadi pusat rujukan nasional adalah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso, dan RS Pusat Persahabatan. Ketiganya termasuk dalam 100 RS yang disiagakan untuk menangani virus corona.

Dalam beberapa kasus, ciri-ciri virus corona lebih banyak dialami oleh orang-orang yang sudah lanjut usia dengan riwayat penyakit dalam yang parah, misalnya kardiovaskular atau penyakit jantung. Pada kasus yang lebih parah, dikutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), infeksi virus corona bisa menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, bahkan kematian.


Sebagai bentuk pencegahan dari coronavirus, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

1. Menjaga kebersihan diri, terutama pada bagian tangan

2. Tidak mengkonsumsi makanan sejenis daging mentah

3. Gunakan masker atau tutup hidung serta mulut saat batuk hingga bersin

4. Hindari kontak langsung dengan orang-orang yang sudah menunjukkan ciri-ciri virus corona, seperti demam, batuk, dan sesak napas

5. Hindari kontak dan bersentuhan secara langsung dengan hewan hidup

Diketahui, hingga saat ini para peneliti di berbagai negara sedang berlomba untuk menemukan vaksin atau obat antivirus 2019-nCoV ini. Bahkan di China, sudah mengajukan hak paten untuk salah satu obat coronavirus yaitu remdesivir.



Simak Video "Dugaan Lain Munculnya Virus Corona, Kebocoran Laboratorium Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)