Selasa, 11 Feb 2020 20:00 WIB

Tak Boleh Lengah Meski Virus Corona Belum Masuk Indonesia, Ini Alasannya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona jenis baru telah menyebar di Wuhan, China. Warga pun memakai masker untuk mengantisipasi penyeberan virus tersebut. Meski belum masuk Indonesia, masyarakat diminta tetap waspada nCoV. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Virus corona baru dari Wuhan sudah menyebar ke beberapa negara, termasuk ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Meski begitu, hingga saat ini dipastikan di Indonesia belum ditemukan kasus positif novel coronavirus. Data terakhir dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan menunjukkan sebanyak 64 uji spesimen, 62 di antaranya dinyatakan negatif.

Tidak adanya virus corona baru yang terdeteksi di Indonesia menimbulkan rasa aman di sebagian kalangan. Benarkah saat ini kita sudah seharusnya merasa aman karena virus corona baru belum juga masuk Indonesia?

Menanggapi hal ini, dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari Rumah Sakit Omni Pulomas menjelaskan bahwa definisi rasa aman bukan berarti menghilangkan kewaspadaan. Ia mengimbau masyarakat harus tetap menjaga perilaku hidup sehat.

"Bukan menjadi tidak waspada. Iya aman dalam artian hidup sehat, cuci tangan juga penting sekali, dan upaya pencegahan-pencegahan juga jalan terus," katanya saat ditemui di Basecamp DPP PSI Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, penting untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi novel coronavirus. Karena dr Dirga menyebut ada penularan dari pasien yang tidak memiliki gejala.

"Asimptomatik, jadi orang tidak tahu dia sakit, padahal dia terinfeksi 2019-nCoV namun tidak memiliki gejala, meskipun sangat kecil kemungkinannya," tambahnya.



Simak Video "Dugaan Lain Munculnya Virus Corona, Kebocoran Laboratorium Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)