Rabu, 12 Feb 2020 15:15 WIB

Biar Tak Bingung: Nama Virusnya SARS-CoV-2, Penyakitnya COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Potret virus corona baru, 2019-nCoV. Nama resmi penyakit dan virus corona. Foto: NMDC
Topik Hangat Penyakit Baru COVID-19
Jakarta -

Setelah menghantui masyarakat di China dan beberapa negara lain di dunia, akhirnya wabah virus corona Wuhan mempunyai nama yang resmi. Tak cuma penyakitnya, virus yang memicunya juga sudah diberi nama resmi.

Sebelumnya, virus yang memicu penyakit tersebut sempat dinamai dengan 2019-nCoV atau Novel Coronavirus. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengumumkan nama resmi untuk penyakit tersebut yaitu COVID-19.

COVID-19 merupakan singkatan dari kata 'corona', 'virus', dan 'disease'. Angka 19 yang ada di belakangnya mewakili tahun 2019 saat virus itu ditemukan.


Penamaan penyakit secara resmi ini bertujuan agar mencegah terjadinya kekeliruan atau stigma pada kelompok atau negara tertentu. Seperti dulu, dikenal dengan penyakit misterius mirip pneumonia akibat virus corona yang mewabah di Wuhan.

Dikutip dari nrp.org, juru bicara WHO menjelaskan nama resmi ini digunakan untuk seluruh spektrum kasus. Mulai dari yang ringan, sedang hingga berat.

Selain penyakitnya, virus yang menyebabkan wabah tersebut juga telah mendapatkan secara resmi. Komite Taksonomi Virus Internasional menetapkan nama baru virus corona baru di Wuhan yakni SARS-CoV-2.

Zhong Nanshan, pakar penyakit pernapasan Tiongkok berharap agar wabah penyakit ini cepat selesai dan bisa teratasi dengan baik.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Topik Hangat Penyakit Baru COVID-19