Kamis, 13 Feb 2020 16:54 WIB

WN China Positif COVID-19 dari Bali Dikabarkan Sembuh, Ini Detailnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas Jepang mengumumkan ada 41 orang lainnya yang dinyatakan positif virus corona di dalam kapal pesiar yang sedang dikarantina di Yokohama. Seorang WN China dikabarkan terinfeksi virus corona COVID-19 usai berkunjung ke Bali (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Seorang warga negara China dengan nama Jin terkonfirmasi positif virus corona COVID-19 oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit kota Huainan, China. Dalam keterangan resmi Pemerintah Provinsi Anhui di laman Weibo, Jin dikabarkan pernah melakukan perjalanan ke Indonesia.

Disebutkan bahwa sebelumnya pasien tersebut sempat berkunjung ke Indonesia pada tanggal 22 Januari melalui penerbangan Wuhan-Bali kembali ke negaranya pada tanggal 28 Januari. Melihat waktu kejadian, Kementerian Kesehatan melakukan penelusuran melalui pihak maskapai mulai tanggal 12 Januari.

"22 (Januari) masuk, tetapi saya sisir dari 12 sampai 28 karena data cuma menyebut Jin," sebut Sekjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr Achmad Yurianto, kepada media melalui telepon, Kamis (13/2/2020).

Kepada detikcom, dr Yuri menyampaikan informasi dari KBRI Shanghai mengenai Jin, di antaranya sebagai berikut:

1. CDC mengkonfirmasi kebenaran keterangan di websitenya tentang Mr Jin yang terpapar COVID-19 dan melakukan perjalanan Wuhan-Bali-Shanghai-Huainan City.

2. Mr Jin adalah laki-laki usia 35 tahun, alamat Huaihe Xincheng, Gongyuan, Tinjuaan district, Huainan City, Anhui.

3. Istri dan satu anak yang melakukan perjalanan bersama yang bersangkutan tidak terpapar.

4. Jin masuk ke rumah sakit khusus tanggal 5 Februari dan dipulangkan atau dinyatakan sembuh tanggal 10 Februari.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)