Kamis, 13 Feb 2020 05:50 WIB

Mungkinkah Orang Indonesia 'Kebal' Virus Corona COVID-19?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
PT KAI Daop 1 Jakarta gelar sosialisasi dan bagi-bagi masker guna mencegah virus corona di Stasiun Gambir. Pengunjung juga dapat periksa kesehatan di stasiun. Berkembang spekulasi bahwa orang Indonesia 'kebal' virus corona COVID-19 dari Wuhan. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Meski korban jiwa dalam wabah virus corona COVID-19 telah menembus angka 1.000, hingga kini belum ada satupun kasus positif ditemukan di Indonesia. Muncul spekulasi bahwa orang Indonesia punya imunitas atau kekebalan terhadap virus baru dari Wuhan tersebut.

Spekulasi ini menguat setelah pemeriksaan terhadap 78 WNI awak kapal pesiar Diamond Princess seluruhnya menunjukkan hasil negatif. Dari 3.711 orang di dalam kapal pesiar tersebut, 273 orang telah diperiksa karena mengalami kontak dengan pengidap virus corona COVID-19.

Kemungkinan ada imunitas yang membuat orang Indonesia terhindari dari infeksi virus corona COVID-19 juga disinggung oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr Anung Sugihantono.

"Ini mungkin ya, karena ilmiahnya masih harus dibuktikan. Mungkin memang kita mempunyai kekebalan tertentu pada penyakit tertentu. Imunitas kita berbeda pada penyakit tertentu," katanya saat ditemui di Gedung Layanan Badan Litbangkes, Selasa (11/2/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2