Kamis, 13 Feb 2020 18:15 WIB

Korban Virus Corona di Indonesia, Sudah Ada Belum Sih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Dokter Spesialis Paru-Paru RS PMI Bogor Nancy Sovira (kiri)  menyemprotkan antiseptik pada warga saat sosialisasi pencegahan virus Corona di Kota Tua Penagi, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (6/2/2020). Sosialisasi kesehatan tersebut sebagai bentuk kepedulian bagi warga yang tinggal berjarak sekitar satu kilometer dari tempat diobservasinya 238 WNI pascaevakuasi dari Wuhan, Hubei, China yang memasuki hari kelima dalam keadaan sehat dan baik. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj. Korban virus corona di Indonesia, sudah ada belum sih? (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Sampai saat ini, korban virus corona secara global sudah mencapai 60 ribu dengan jumlah kematian lebih dari seribu. Persebaran virus corona atau yang saat ini dinamai COVID-19 tak hanya di China, tapi juga sudah menyebar dan memakan korban di beberapa negara Asia. Lalu sudah adakah korban virus corona di Indonesia?

"Data update kita di jam 17.00 kemarin (12/2), ada 77 spesimen, artinya 77 orang ya. Konfirmasi 75 negatif, dua belum selesai laporannya," tutur Sekjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Achmad Yurianto kepada media di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Meski kasus infeksi virus corona terlihat bertambah setiap hari, Kemenkes menegaskan korban virus corona di Indonesia sampai saat ini masih nihil atau zero case. Selain itu, dr Yuri menyebut walaupun jumlah kasusnya masih terbilang cukup banyak, tren infeksi dan kematian bisa dikatakan menurun.

"Sebenarnya kalau kita mau melihat secata teliti dari WHO, ada kecenderungan kulai menuru. Kematian day by day juga menurun. Kalau melihat akumulasi memang ya naik," tambahnya.

Mengenai korban virus corona di Indonesia yang masih nihil karena suhu udara yang tropis, pihak terkait masih meneliti keterkaitannya. Meski belum ada kasus positif, pemerintah tidak mengendorkan kapasitas pemeriksaan di seluruh pintu masuk negara.



Simak Video "Usai Dinyatakan Negatif, Suspect Corona di Cibubur Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)