Sabtu, 15 Feb 2020 17:10 WIB

WNI Eks Karantina Diminta Lapor Jika Tak Enak Badan dalam Sebulan ke Depan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sejumlah prajurit TNI bersama masyarakat mengibarkan bendera merah putih saat melepas Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah selesai menjalani masa observasi usai dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020). Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara resmi telah memulangkan 238 WNI ke daerah masing-masing karena telah dinyatakan sehat. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj. WNI yang sebelumnya dikarantina di Natuna dipulangkan. (Foto: Antara Foto/Muhammad Adimaja)
Jakarta -

Sebanyak 238 WNI yang dievakuasi dari Wuhan, China telah selesai menjalani karantina atau observasi di Natuna. Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk lapor bila dalam 1 bulan ke depan ada masalah kesehatan.

"Diminta untuk menginformasikan apabila dalam waktu-waktu dekat, sampai 1 bulan ke depan ada hal-hal yang dirasakan tidak nyaman pada tubuhnya," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Anung Sugihantono, Sabtu (15/2/2020).

Kemenkes juga memberikan notifikasi ke tiap provinsi untuk memfasilitasi imbauan tersebut.

Terkait proses observasi di Natuna, Anung menjelaskan alasan tidak adanya pemeriksaan spesimen.

"Karena kita memang observasi, bukan konfirmasi," tegas Anung.



Simak Video "Ramai WNI dari Wuhan Disemprot Cairan, Kemenkes: Itu Disinfektan!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)