Senin, 17 Feb 2020 12:02 WIB

Heboh Karena Virus Corona, Memangnya Siapa Sih yang Wajib Pakai Masker?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sejumlah warga mengikuti penyuluhan antisipasi virus Corona di kawasan Apartemen Meditarenia Marina dan Apartemen Baywalk, Jakarta Utara, Senin (3/2). Kegiatan tersebut bertujuan memberitahu kepada warga tentang bahaya virus Corona dan cara mengantisipasinya. Harga masker melambung tinggi gara-gara virus corona. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kelangkaan masker dan harganya yang sampai saat ini masih melambung tinggi membuat masyarakat panik. Sebab disebutkan salah satu upaya menjaga diri dari tertular virus corona atau COVID-19 adalah dengan memakai masker.

Hal ini juga sempat dikomentari oleh Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto. Ucapannya soal harga masker mahal masih dibeli pun sontak viral di dunia maya.

Melambungnya harga tinggi disebut Menkes karena permintaan melonjak kala hebohnya virus corona. Menkes menilai kalau sehat, nggak perlu pakai masker.

Penggunaannya hanya ditujukan bagi mereka yang sedang sakit. "Nggak usah (pakai masker). Masker untuk yang sakit," katanya saat dijumpai di Bandara Halim Perdanakusuma beberapa waktu lalu.

Terkait hal tersebut, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia sempat mengeluarkan panduan tentang kapan dan bagaimana penggunaan masker yang baik saat sedang terjadi wabah virus corona.

"Kalau kamu sehat, masker hanya digunakan saat merawat orang yang diduga atau terinfeksi 2019-nCoV," tulis WHO dikutip dari laman resminya.

WHO juga menuliskan, kenakan masker jika mengalami batuk atau bersin. Hal ini bertujuan agar percikan air liur tidak mengenai orang lain sehingga mengurangi risiko penularan.

Selain itu, disebutkan pula penggunaan masker hanya efektif jika dibarengi dengan kebersihan tangan, baik menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan secara berkala dengan air dan sabun.

"Ganti masker dengan yang baru segera setelah lembab dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai," pungkas WHO.



Simak Video "Kapan Waktu yang Baik untuk Gunakan Masker?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)