Selasa, 18 Feb 2020 11:40 WIB

Awas Hoax! Tepuk-tepuk Lengan Tak Mengatasi Serangan Jantung

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
momen manis BCL dan Ashraf Sinclair Ashraf Sinclair meninggal dunia karena serangan jantung. (Foto: Instagram @bclsinclair)
Jakarta -

Kabar duka datang dari penyanyi Bunga Citra Lestari. Suaminya, Ashraf Sinclair, meninggal dunia karena serangan jantung. Dikabarkan, Ashraf tutup usia pada pukul 04.51 WIB.

Sempat beredar soal video yang menggambarkan seseorang yang disebut mengalami serangan jantung melakukan pertolongan pertama dengan menepuk-nepuk lengannya. Namun perlu diingat bahwa hal itu adalah hoax.

Ahli jantung dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA menjelaskan informasi tersebut tidak benar, dan sangat meragukan karena diperagakan oleh seseorang yang terlihat sehat-sehat saja.

"Jika benar serangan jantung maka ditepuk seperti apapun tidak akan menolong apa-apa. Soal tiga titik yang berhubungan dengan serangan jantung, sebenernya ya seluruh pembuluh darah kita di tangan atau kaki kiri dan kanan juga berhubungan sama jantung," kata dr Vito.

Hal yang sama juga dijelaskan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dalam pernyataan resminya yang menegaskan,"Tidak benar menepuk siku dan lengan dapat mencegah dan mengatasi serangan jantung."

PERKI menyebut, serangan jantung terjadi karena sumbatan pembuluh darah yang mendadak ke arah jantung. Gejalanya antara lain nyeri dada kiri, mial, keringat dingin, kadang disertai sesak mendadak, bahkan pingsan.



Simak Video " Aktif Olahraga, Ashraf Sinclair Kantongi Sertifikat Pelatih Crossfit"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)