Rabu, 19 Feb 2020 16:15 WIB

Soal Pemulangan 78 WNI di Kapal Pesiar Jepang, Kemenkes Tak Mau Gegabah

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kapal Pesiar Diamond Princess 3 WNI positif terinfeksi COVID-19 di kapal pesiar Diamond Princess. (Foto: CNN)
Jakarta -

Sebanyak 78 WNI yang berada di kapal pesiar Jepang Diamond Princess, tiga di antaranya positif terkena COVID-19. Meski begitu, hingga saat ini belum ada ketentuan resmi soal kepulangan WNI yang ada di sana.

Hal ini dijelaskan oleh dr Achmad Yurianto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan. Menurutnya, perlu kajian lebih lanjut terkait kepulangannya demi mencegah penularan yang berkesinambungan.

"Ada yang muncul di hari ke 5, ada yg sakit di hari ke 6, WNI kita sakit di hari ke-10, takutnya terjadi penularan yang berkesinambungan, ini yang menyebabkan cukup kompleks," jelasnya saat ditemui di Lantai 5, Jiexpo International, Rabu (19/2/2020).

dr Yuri juga menjelaskan, hal ini pula yang membuat Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengimbau Menlu untuk tidak terburu-buru dalam menjemput WNI yang ada di Kapal Pesiar Diamond Princess.

"Harus ada kajian yang lebih dalam lagi. Ini sudah menjelang hari ke-4 terakhir kok masih ada yang positif lagi. Ini yang membuat kita tidak buru-buru untuk ambil, (pulangkan)" lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, belum ada pedoman standard dari pemerintah Jepang saat ini soal kepulangan WNI yang ada pada kapal pesiar Jepang Diamond Princess. Namun ia meyakini pemerintah Jepang sudah menangani kasus ini dengan baik dan cepat.

"Pasti dipulangkan. Semuanya," tegasnya.



Simak Video "Klaster Penularan COVID-19 di Kementerian, Kemenkes Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)