Rabu, 26 Feb 2020 12:32 WIB

Wabah Virus Corona Meluas, Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal

Firdaus Anwar - detikHealth
TOKYO, JAPAN - JANUARY 21: The Olympic rings are seen outside the  New National Stadium in Tokyo on January 21, 2020 in Tokyo, Japan. (Photo by Clive Rose/Getty Images) Olimpiade Tokyo 2020 terancam batal karena virus corona. (Foto: Clive Rose/Getty Images)
Jakarta -

Ajang olahraga internasional Olimpiade Tokyo 2020 yang rencananya diadakan pada Bulan Juli kini terancam batal. Alasannya karena situasi wabah virus corona (COVID-19) meluas, termasuk di Jepang yang jadi tuan rumah.

Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), Dick Pound, menyebut keputusan final tentang Olimpiade Tokyo 2020 kemungkinan akan keluar sekitar bulan Mei. Selama itu panitia akan menunggu perkembangan apakah dunia mampu mengendalikan penyebaran virus.

Dick menyebut pelaksanaan olimpiade tidak mungkin dipindah atau ditunda. Alasannya karena banyak persiapan yang diperlukan.

"Anda tidak bisa begitu saja menunda acara sebesar olimpiade. Ada banyak benda bergerak, begitu banyak negara, musim, dan televisi. Jadi Anda tidak bisa bilang 'oke kita lakukan di bulan Oktober saja,'" kata Dick seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (26/2/2020).

"Hanya ada beberapa tempat di dunia yang bisa menyiapkan fasilitas sesingkat itu," lanjutnya.

IOC disebut akan mengambil keputusan final setelah berkonsultasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).



Simak Video "Gejala Infeksi Corona COVID-19 Tak Biasa yang Perlu Diwaspadai"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)