Rabu, 26 Feb 2020 18:11 WIB

Pasien Meninggal di Semarang Negatif Corona, Bagaimana Penanganan Jenazahnya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
pasien suspek semarang Bagaimana penanganan pasien negatif corona di Semarang? (Foto: Angling/detikHealth)
Jakarta -

Pasien suspek virus corona baru meninggal setelah dirawat di ruang isolasi RSUP dr Kariadi Semarang. Meski begitu pihak rumah sakit menegaskan ia meninggal bukan karena Corona, melainkan bronkopneumonia.

Jenazah WNI pria berusia 37 tahun ini diberi penutup untuk mencegah risiko penularan terjadi. Direktur Medik dan Keperawatan RSUP dr. kariadi Semarang, dr. Agoes Poerwoko, SpOG(K), MARS. mengatakan, jenazah pasien tersebut mendapat perawatan seperti jenazah pasien flu burung.

"Saat bawa ke kamar mayat, area jalan kita bebaskan biar tidak ada kontak pengunjung. Rawat jenazah sama, sama seperti saat rawat pasien flu burung. Jenazah kita perlakukan beri penutup yang memastikan tidak menular orang-orang. Kita edukasikan ke keluarga dan orang-orang yang menangani," jelas Agoes.

Samakah dengan penanganan jenazah virus corona COVID-19?

Beberapa waktu yang lalu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Anung Sugihantono sempat mengatakan belum ada kepastian soal penanganan jenazah pasien COVID-19. Namun ia menjelaskan beberapa kemungkinan yang bisa diambil.

"Kalau sekarang kita punya tatanan di kita. Nggak berharap ya. Tapi kalau ada, desinfektan yang paling memungkinkan. Seperti kita mengelola limbah sekarang ini. Limbah itu kan idealnya dibakar dengan suhu di atas 1.100. Tapi ini belum konkret. Kalau Ebola dibakar," jelasnya beberapa waktu yang lalu.

"Tapi kalau saya sekarang ngomong dibakar di sini, seandainya kejadian, pasti kalian ribut duluan. Makanya sekarang kita terus mengikuti perkembangan ilmunya tapi sekaligus menyiapkan kondisi-kondisi dimungkinkan dilakukan di indonesia. Saya belum ada keputusan dibakar atau tidak," tambahnya.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)