Rabu, 26 Feb 2020 20:02 WIB

Virus Corona Bertahan di Benda Mati Hingga 9 Hari, Bagaimana dengan COVID-19?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wabah virus corona telah melanda ke sejumlah negara di dunia usai pertama kali diidentifikasi di Wuhan. Yuk, lihat aktivitas warga di tengah wabah virus corona Virus corona meluas. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Peneliti sebut virus corona bisa bertahan mulai dari 5 menit hingga 9 hari saat menempel di benda mati. Alasannya, virus disebut bisa bertahan hingga selama itu jika tidak didisinfektan.

Mengutip CNN, hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap virus corona SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndome). Penelitian ini memicu kemungkinan adanya penyebaran dari benda mati. Misalnya, saat seseorang menyentuh permukaan yang sudah terinfeksi virus corona baru.


"Lalu menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka," jelas badan kesehatan AS (Centers for Disease Control and Prevention/ CDC).

Hal ini sempat memicu kekhawatiran di China terkait berapa lama virus corona bisa menempel di benda mati. Indonesia pun sempat membatasi pengiriman barang impor dari China dan Hong Kong untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

Meski sejumlah peneliti telah melakukan penelitian pada SARS dan MERS. Hingga saat ini belum ditemukan penelitian spesifik terkait ketahanan virus corona COVID-19 pada benda mati.

Bagaimanapun, penularan virus lebih mudah menyebar antar manusia melalui kontak langsung.



Simak Video "Peneliti Rilis Gambar Paru-paru Pasien Terinfeksi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)