Sabtu, 29 Feb 2020 16:01 WIB

Viral 6 Kota Zona Kuning Corona di RI, Kemenkes Pastikan Hoax

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Viral informasi di medsos yang menyatakan 6 kota zona kuning corona di RI. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Viral informasi mengenai sejumlah kota yang disebut sebagai zona kuning penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia. Adapun pesan viral yang beredar di medsos berbunyi:

"Btw ini info Corona per 28 Februari 2020. Info dari Kemenkes juga ada 6 kota zona kuning Corona: Medan, Batam, Jakarta, Surabayo, Bali, dan Manado," tulis salah satu pengguna Twitter.

Hal tersebut memicu kepanikan dan spekulasi di masyarakat. Menanggapi, Kementerian Kesehatan memastikan pihaknya tidak membuat pernyataaan sebagaimana informasi viral yang tersebar di media sosial.

"Kemenkes tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang '6 kota zona kuning corona', sebagaimana informasi yang beredar di media sosial," tulis Kemenkes dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (29/2/2020).

Sejauh ini, Kemenkes menyebut terus melakukan upaya cegah tangkal Covid-19 di seluruh pintu masuk negara yang berjulah 135 baik yang dari darat, laut, maupun udara, termasuk sumber daya manusia dan peralatannya.

"Masyarakat diimbau untuk tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan hoax yang tidak jelas isi dan sumbernya," tutupnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)