Kamis, 05 Mar 2020 10:04 WIB

Jangan Khawatir, Ini Saran Dokter Kalau Kamu Kehabisan Hand Sanitizer

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Warga berbelanja di Naga Swalayan, Jatiwaringin, Jakarta Timur, Senin (2/3/2020). Hand Sanitizer banyak diburu warga namun pihak managemen hanya memberikan kesempatan 1 pelanggan hanya boleh membeli 2 buah. Dokter sarankan hal ini jika kamu kehabisan hand sanitizer. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Hand sanitizer di beberapa supermarket stoknya sudah semakin menipis bahkan adapula yang kosong. Akibatnya, sebagian orang tak bisa dapat hand sanitizer kecuali jika menemukan hand sanitizer di fasilitas umum.

Spesialis penyakit dalam, dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas membagikan opsi yang bisa dilakukan jika kamu kehabisan hand sanitizer.

"Yang paling disarankan utamanya adalah mencuci tangan dengan air dan sabun, tetapi bukan sabun batangan atau sabun mandi. Kalau tidak ada sabun baru menggunakan sanitizer yang ada kandungan alkohol. Kalau sanitizer langka baru bisa memakai alkohol 60-70 persen, dan ini sebagai alternatif," jelasnya saat dihubungi detikcom, Kamis (5/3/2020).

Ia menyarankan penggunaan alkohol ini agar tidak dicampur dengan bahan lainnya. "Jangan dicampur dengan bahan apapun, karena nanti bisa mengubah konsentrasinya," lanjutnya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan larutan alkohol sebagai pengganti hand sanitizer, kamu bisa menyediakan botol kosong, baik botol bekas hand sanitizer maupun botol kosong yang berbentuk spray agar memudahkan kamu dalam memakainya. Selamat mencoba!



Simak Video "18 Hand Sanitizer Mengandung Zat Kimia Tinggi Ditarik Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)