Kamis, 05 Mar 2020 16:09 WIB

Keren! China Keluarkan Helm 'Robocop' Untuk Lawan Wabah COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Helm pintar pendeteksi suhu tubuh untuk melawan wabah virus corona. Helm pintar pendeteksi suhu tubuh untuk lawan wabah virus corona. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Berbagai macam inovasi terus dilakukan untuk memerangi wabah virus corona COVID-19, salah satunya yang terbaru adalah helm 'robocop' besutan perusahaan teknologi China Kuang Chi. Helm pintar ini diperuntukan untuk petugas kepolisian dan unit kontrol yang bekerja untuk mengendalikan wabah COVID-19.

Mengutip dari South China Morning Post (SCMP), helm 'robocop' N901 besutan perusahaan yang berbasis di Shenzhen ini dirancang untuk mengukur suhu tubuh di dalam kerumunan. Kamera inframerah yang dipasangkan pada helm bisa mendeteksi dengan cepat hingga jarak lima meter.

"Siapa pun yang mengalami demam dapat diskrining sejauh lima meter dan dapat memindai semua individu di dalam kerumunan dan 100 persen akurat," ujar seorang juru bicara dari Kuang Chi, seperti dikutip dari Daily Mail.

Tak hanya itu, helm yang terinspirasi dari robocop ini dilengkapi pemindai kode QR dan fitur pengenalan wajah. Kacamata yang terpasang pun menggunakan teknologi augmented reality (AR) dengan berbagai pilihan konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, dan jaringan 5G.

"Ini adalah perangkat yang sangat cerdas dan dirancang khusus untuk mengatasi banyak tantangan dalam pencegahan epidemi," tuturnya.



Simak Video "Studi Terbaru Sebut Demam Berdarah Bikin Kebal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)