Kamis, 05 Mar 2020 16:24 WIB

Coba Tes Ini untuk Tahu Risiko Tidak Bisa Berjalan di Usia 70 Tahun

Yudistira Imandiar - detikHealth
Ensure Foto: Yudistira Imandiar
Jakarta -

Sebuah penelitian di Jepang tahun 2013 mengungkapkan orang berusia 40 tahun ke atas akan mengalami penurunan massa otot sebanyak delapan persen setiap dekade. Angka degradasi massa otot akan meningkat dua kali lipat saat menginjak usia 70 tahun.

"Kerentaan terjadi karena (tubuh) kehilangan massa otot. Penting untuk menjaga otot tetap sehat," kata President Directors of Abbotts Product Indonesia, Arnaud Renard di acara kampanye tantangan #Stand4Strength di Hotel Hermitage, Jakarta, Kamis (5/3/2020)

Untuk mengedukasi masyarakat mengenai hal tersebut, produsen susu Ensure, Abbott, meluncurkan program tantangan #Stand4Strength. Tantangan tersebut dibuat untuk mengajak orang dewasa, terutama mereka yang berusia di atas 40 tahun untuk mengetahui kekuatan otot.

Tantangan ini dibuat berupa tes duduk di kursi setinggi sekitar 40 cm, lalu berdiri dengan satu kaki diangkat sambil menyilangkan tangan di depan dada dan mehanan keseimbangan selama tiga detik.

Orang dewasa yang tidak bisa melakukan gerakan tersebut, menurut penjelasan Abbott, memiliki risiko lebih tinggi untuk tidak bisa berjalan di usia 70 tahun ke atas.

"Tantangan Stand4Strength dapat membantu menciptakan kesadaran tentang bagaimana kehilangan massa otot dapat terjadi pada usia 40 tahun dan mempengaruhi kekuatan Anda seiring bertambahnya usia," ujar Arnauld.

Guna menjaga kemampuan otot untuk menunjang aktivitas, perlu dilakukan latihan fisik dan asupan nutrisi yang tepat. Hal itu dapat mengurangi risiko penurunan massa otot secara signifikan di usia lanjut.

"Semua orang harus bertanggung jawab pada kesehatannya sendiri -- dimulai dari makanan yang dikonsumsi dan berusaha untuk tetap aktif," imbau dosen senior Geriatric Consultant RSCM FKUI, dr.C.H.Soerjono.

Lebih lanjut, Direktur Medis Abbott Nutrition, Jose Rodolfo Dimano Jr., mengatakan asupan nutrisi sangat penting untuk menjamin kesehatan otot di masa tua. Menurutnya, produk susu Ensure dapat memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk kesehatan otot. Kandungan susu Ensure, di antaranya triple protein, 14 vitamin dan 10 mineral, kalsium, vitamin D, FOS, omega 3 dan omega 6, dengan laktosa rendah melengkapi suplai nutrisi buat orang dewasa.

"Nutrisi yang benar dan latihan otot seperti asuransi untuk masa tua," Imbuh Jose.



Simak Video "Veronica Tan Bikin Layanan Homecare untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)