Jumat, 06 Mar 2020 13:26 WIB

Bukan Masker, Ini Barang yang Harusnya Distok di Rumah Saat Heboh Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pedagang menunggu calon pembeli masker di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (28/2/2020).  Harga masker yang sempat menyentuh sekitar Rp1,7 juta per kotak untuk jenis N95 karena dampak virus corona, kini telah turun hingga sekitar 50 persen menjadi sekitar Rp800 ribu hingga Rp900 ribu per kotak, sementara untuk masker bedah dari harga sekitar Rp250 ribu menjadi Rp160 ribu per kotak. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj. Penjualan masker meningkat di tengah heboh virus corona (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta -

Penyebaran cepat virus corona Covid-19 telah memicu kekhawatiran di seluruh dunia. Banyak negara telah menutup akses keluar-masuk, maskapai global menangguhkan penerbangan dan pemerintah telah melarang pendatang yang dari negara endemik.

Kehebohan dan kekhawatiran akan penularan virus corona membuat masyarakat panik dan membeli masker untuk berjaga-jaga agar tidak tertular. Padahal memakai masker saat sedang sehat tidak terlalu berpengaruh, malahan disebut bisa bikin seseorang lebih rentan.

"Hal yang seharusnya tidak kamu lakukan adalah memakai masker dan sarung tangan," kata Timothy Brewer, seorang profesor epidemiologi di University of California Los Angeles.

Saat ini stok masker dikabarkan sedang menipis yang membuat masyarakat lebih khawatir. Padahal ada beberapa barang yang harus distok di rumah untuk cegah corona.

Meski WHO belum mengeluarkan status pandemi bagi virus corona, lebih baik untuk berjaga-jaga dengan mempersiapkan diri dan keluarga agar tetap aman di rumah. Departemen Keamanan Dalam Negeri AS menyatakan sebelum pandemi, persediaan air minum dan obat-obatan harus tersedia selama dua minggu.

"Sediakan obat tanpa resep termasuk penghilang rasa sakit, obat sakit perut, batuk, pilek, minuman elektrolit dan vitamin," demikian dikutip dari CNN.

Jika minum obat setiap hari, misalnya punya penyakit diabetes dan hipertensi, pastikan persediaannya cukup untuk beberapa minggu. Perlu juga untuk membeli obat demam seperti ibuprofen.

Secara umum untuk kesiapsiagaan darurat, tak hanya karena virus corona, rumah perlu dibekali dengan stok obat-obatan ringan. Jangan lupa juga untuk membeli antiseptik cairan pembersih rumah yang mengandung alkohol.



Simak Video "WHO Sarankan Jangan Pakai Masker saat Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)