Botol Hand Sanitizer di Gerbong KRL Bekasi-Kota Dilem, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Botol Hand Sanitizer di Gerbong KRL Bekasi-Kota Dilem, Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 06 Mar 2020 13:56 WIB
hand sanitizer di KRL
Botol hand sanitizer di gerbong KRL (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Saat ini, hand sanitizer atau cairan pembersih tangan sangat dicari banyak orang, stok langka di pasaran. Beruntung, banyak yang menyediakan di tempat umum.

Commuter line atau KRL kini juga ikut menyediakan hand sanitizer. Menurut salah satu petugas kebersihan KRL rute Jakarta Kota - Bekasi, Chandra, itu sudah disediakan sejak adanya kabar virus corona sampai di Indonesia.

"Udah ada di setiap empat gerbong (KRL)," kata Chandra pada detikcom, Jumat (6/3/2020).

Kalau yang di gerbong dilem, yang ini diselotip biar nggak hilang.Kalau yang di gerbong dilem, yang ini diselotip biar nggak hilang. Foto: Sarah/detikHealth

Namun, ini belum banyak ditemukan di KRL yang beroperasi saat ini. Saat ditanya berapa kali isi ulang dalam sehari, Chandra tidak bisa memperkirakannya.

Botol akan diisi kembali jika sudah habis. Tidak hanya diletakkan di atas alasnya, botol-botol hand sanitizer itu juga di lem dibawahnya.

"Biar nggak lari-larian aja waktu keretanya jalan," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan detikcom, hand sanitizer tersebut sama sekali tidak dijaga oleh petugas yang bertugas. Botol hanya direkatkan ke alas dengan lem.

"Ah nggak ada penjagaan gitu mbak, kebetulan aja kali ada botol itu (hand sanitizer) terus petugas juga lagi jaga," jawab Satrio, salah satu petugas keamanan di dalam KRL.



Simak Video "Update Perkembangan Kasus Covid-19 Jelang Akhir Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Bijak Pakai Hand Sanitizer
Bijak Pakai Hand Sanitizer
14 Konten
Merebaknya virus corona COVID-19 meningkatkan permintaan hand sanitizer. Stok kosong di mana-mana, harga pun melambung tinggi. Hand sanitizer yang disediakan di tempat umum tak luput dari 'penjarahan' tukang refill.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT