Sabtu, 07 Mar 2020 08:00 WIB

4 Manfaat Konsumsi Buah Naga Setiap Pagi

Siti Masluha - detikHealth
Pitaya cut in half on black background Manfaat buah naga untuk kesehatan, salah satunya menurunkan kolesterol. Foto: Getty Images/iStockphoto/ansonmiao
Jakarta -

Jenis buah yang satu ini sering dikonsumsi oleh banyak wanita yang sedang menjalani program diet karena rendah kalori. Selain itu buah naga juga mengandung nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Selain baik untuk diet, berikut adalah manfaat lain dari buah naga terutama jika kamu rutin konsumsi setiap pagi dilansir dari Steemit.

1. Mencegah kolesterol

Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat baik, yaitu mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Serat adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

Dalam saluran pencernaan, serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama tinja.

Dengan demikian, semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat dalam buah naga juga sangat bermanfaat dalam sistem pencernaan.

Serat mampu mempersingkat waktu transit, yaitu waktu yang dibutuhkan makanan dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk tinja.

3. Meredakan nyeri

Buah naga juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan dapat mengurangi rasa sakit atau bengkak pada persendian.

Buah naga juga dipercaya dapat mengobati radang sendi atau radang sendi.

4. Membuat wajah awet muda

Mengonsumsi buah naga yang tinggi akan antioksidan dapat menjaga kulit tetap awet muda.

Kamu juga bisa menjadikan buah naga sebagai masker wajah dengan mencampurkan madu sebagai masker anti penuaan.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)