Senin, 09 Mar 2020 16:44 WIB

Sembuh dari Virus Corona Masih Bisa Tertular Lagi, Benarkah?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
WHO resmi menamai virus Corona yang menewaskan 1.115 orang. Virus mematikan yang pertama kali diidentifikasi di China pada 31 Desember itu dinamai COVID-19. Pasien yang sembuh dari virus corona masih bisa tertular lagi (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Penularan virus corona COVID-19 saat ini membuat khawatir masyarakat Indonesia. Hal ini karena sudah ada pasien yang dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Jika pasien sudah sembuh dari wabah ini, kira-kira masih bisa tertular nggak ya?

Menurut salah seorang dokter yang merawat pasien virus corona COVID-19, dr Pompini Agustina, SpP, pasien yang sudah sembuh bisa saja tertular kembali. Hal ini bisa saja terjadi.

"Ya kalau ada orang sekitarnya yang terinfeksi dan menular ke orang, itu bisa. Orang-orang yang positif ya," ujarnya pada detikcom, ditemui di RSPI Sulianti Saroso, Senin (9/3/2020).

Selain itu, dr Pompini mengatakan daya tahan tubuh atau imunitas juga sangat berperan terhadap penularan virus tersebut jika keadaan imunitas baik, tidak akan tertular lagi.

"Ya kalau daya tahan tubuhnya (imunitas) bagus ya nggak (tidak akan tertular lagi)," imbuhnya.

Dikutip dari South China Morning Post, ahli medis China yang juga menangani virus corona, Zhao Jianping, mengatakan pasien yang sudah sembuh masih bisa tertular atau bahkan menulari COVID-19 pada orang lain.

Untuk mencegahnya, Zhao menyarankan agar tetap dilakukan karantina di rumah selama 14 hari pasca sembuh. Jika selama karantina tidak ada gejala atau tanda, maka pasien bisa dikatakan benar-benar sembuh.



Simak Video "Mulai 7 Juni, Jerman Buka Layanan Vaksinasi Corona untuk Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)