Selasa, 10 Mar 2020 19:54 WIB

Sumber Penularan Pasien Corona ke-27 Misterius, Ini Risiko Jika Tak Ditelusur

Firdaus Anwar - detikHealth
Sesditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto Pemerintah masih menyelidiki kasus pasien virus corona ke-27. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah pada hari Selasa (10/3/2020) mengumumkan delapan kasus baru pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia. Ini artinya total sudah ada 27 kasus pasien virus corona yang terkonfirmasi di Indonesia.

Terkait hal tersebut, pasien ke-27 jadi sorotan karena sumber penularannya masih misterius. Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, Achmad Yurianto, menjelaskan pasien pria berusia 33 tahun tersebut diduga merupakan kasus transmisi lokal.

"Nomor kode 27 laki-laki 33 tahun WNI kondisi stabil. Kami mendunga ini local transmission yang sedang kami tracking dari mana sumbernya karena bukan impor dan tidak jelas bagian dari kluster lain," kata Yuri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas berkomentar kasus ke-27 ini harus segera ditelusuri. Alasannya karena transmisi lokal bisa mempercepat penyebaran virus, membuat wabah semakin sulit dikendalikan.

"Kasus 27 diduga local transmission. Artinya tidak ada riwayat bepergian ke negara yang terdampak atau ada kasus corona dan pasien diketahui tidak ada kontak dengan orang yang positif," kata dr Dirga.

"Kalau local transmission terjadi, wabah jd sulit dikendalikan karena penyebaran cepat," pungkasnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)