Rabu, 11 Mar 2020 13:47 WIB

Satu Pasien RI Meninggal, Begini Penanganan Jenazah Pasien Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
RSHS Bandung melakukan simulasi penanganan pasien suspect corona, Jumat (6/3/2020). Simulasi itu untuk menunjukkan kesiapan RSHS dalam menangani pasien suspect corona. Ilustrasi virus corona. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Satu pasien positif virus corona kasus nomor 25 meninggal dunia pada pukul 02.00 WIB. Pasien yang merupakan warga negara asing (WNA) berusia 53 tahun ini juga memiliki penyakit berat seperti diabetes, hipertensi, dan hipertiroid.

"Tadi malam sekitar pukul 02.00 WIB lewat sedikit pasien dengan identitas 25 meninggal dunia," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Urusan Virus Corona, Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Dalam pemulasaran jenazah pasien yang terinfeksi virus corona, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut langkah-langkahnya yang dikutip dari Pedoman Kesiapsiagaan nCoV di Indonesia.

1. Petugas kesehatan harus menjalankan kewaspadaan standar ketika menangani pasien yang meninggal akibat penyakit menular.

2. APD lengkap harus digunakan petugas yang menangani jenazah jika pasien tersebut meninggal dalam masa penularan.

3. Jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus sebelum dipindahkan ke kamar jenazah.

4. Jangan ada kebocoran cairan tubuh yang mencemari bagian luar kantong jenazah.

5. Pindahkan sesegera mungkin ke kamar jenazah setelah meninggal dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2