Kamis, 12 Mar 2020 11:53 WIB

Anak Susah Mandi? Dear Emak, Coba Ikuti Cara Ini

Nurcholis Ma'arif - detikHealth
Mandi Foto: shutterstock
Jakarta -

Mengurus anak kecil memang gampang-gampang susah, termasuk misalnya saat ingin membujuknya untuk mandi. Baik mandi pagi ataupun sore, kadang anak kecil lebih memilih bermain dengan mainan atau teman-temannya dibanding mandi.

Namun, bukan berarti orang tua boleh membiarkannya untuk tidak mandi, karena anak juga harus diajarkan mengenai kebersihan diri sejak kecil. Seperti dikutip dari Keepkidshealth, salah satu cara menyuruh anak agar mau mandi adalah menggunakan mainan atau mencoba hal-hal baru seperti bermain gelembung, mainan atau bermain dan menyanyikan musik kesukaannya.

Selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak mau mandi tanpa harus berteriak-teriak terlebih dahulu. Pertama, bujuklah anak agar mau mandi dengan menggunakan sesuatu yang disukainya, bisa dengan mainan atau lagu.

Kedua, jangan merampas mainan anak atau menggendong anak secara paksa ke kamar mandi. Hal ini akan membuat anak semakin takut dan tidak mau untuk mandi. Ketiga, buatlah suasana mandi menjadi hal yang menyenangkan bagi anak, misalnya biarkan anak membantu membilas sabun atau sampo dari tubuhnya.

Keempat, jangan memarahi anak jika ia ingin membawa mainannya saat mandi, karena mainan bisa memberinya pengetahuan serta membuat anak merasa nyaman saat mandi. Kelima, mengatur kegiatan khusus seperti menonton video kesukaannya atau membaca buku cerita setelah mandi, sehingga anak memiliki sesuatu yang diharapkan setelah ia mau mandi.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengawasi saat si kecil sedang mandi, karena biasanya lantai kamar mandi licin sehingga anak berisiko terjatuh. Sebaiknya sejak anak berusia 4-5 tahun, orang tua sudah mengajarkan anak untuk mandi sendiri.

Secara bertahap orang tua bisa mulai mengajarkan bagaimana cara menggunakan sabun dan sampo yang benar, terutama di daerah-daerah tertentu yang bisa menjadi sarang bakteri. Sabun dengan merek seperti Nuvo, Vaseline, atau Palmolive bisa menjadi pilihan.

Apalagi produk dengan merek-merek tersebut bisa ditemukan di e-Catalogue Transmart yang sedang didiskon dan ada di homepage detikcom. Cara membelinya pun cukup mudah, klik menu 'Layanan' di homepage kemudian pilih Transmart. Transmart juga menyediakan berbagai promo diskon menarik untuk produk lainnya yang pastinya tidak bisa Anda lewatkan.

Yuk kita datang ke Transmart Carrefour se-Jabodetabek, dapatkan special price dengan menunjukan barcode yang tertera di e-Catalogue Transmart untuk melihat potongan harga produk-produk lainnya di Transmart!



Simak Video "Tingkatkan Imun Tubuh, Bikin Infused Water Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)