Kamis, 12 Mar 2020 15:49 WIB

3 Pasien Virus Corona RI Dinyatakan Sembuh, Begini Kriterianya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
RSUP Persahabatan jadi salah satu rumah sakit yang disiapkan untuk tangani pasien terinfeksi virus corona. Ruangan khusus pun disiapkan di rumah sakit tersebut. Tiga pasien COVID-19 sembuh sebelumnya dirawat di RSUP Persahabatan. Foto ilustrasi: Grandyos Zafna
Jakarta -

Juru bicara pemerintah untuk virus corona COVID-19, dr Achmad Yurianto, mengatakan tiga pasien telah sembuh dari virus corona. Tiga pasien tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur.

"Kami yakin dalam waktu dekat, tidak terlalu lama pasien lain juga akan sembuh," katanya kepada media di RSUP Persahabatan, Kamis (12/3/2020).

"Ada 2 pasien lagi di RSPI Sulianti Saroso karena menunggu hasil tes kedua karena ketentuannya dua kali tes negatif," pungkasnya.

Menurut Direktur Medik dan Keperawatan RS Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, dr Dyani Kusumo Wardani, SpA, pasien virus corona bisa dinyatakan sembuh setelah dua pemeriksaan hasilnya negatif.

"Aman dan boleh pulang kalau memang sudah pemeriksaan menyatakan negatif. Jadi dari pemeriksaan positif menjadi negatif, dua kali," jelasnya saat ditemui di RSPI Sulianti Saroso beberapa waktu lalu.

dr Dyani mengatakan, ada beberapa kriteria yang mendukung pasien dinyatakan sembuh dan aman untuk pulang ke rumah, seperti:

1. Dua kali pemeriksaan dengan hasil negatif

2. Tidak ada keluhan lain

3. Tidak ada penyakit lainnya

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa menunjang kondisi pasien corona untuk menjadi lebih baik. Tak hanya imunitas, faktor lainnya seperti kondisi psikis dan mental pasien.

"Ada faktor yang menyebabkan orang sakit bisa sembuh baik dari dalam diri maupun lingkungan. Kalau lingkungannya kan kita sudah jaga betul pasien terisolasi. Asupan gizi baik, tapi ada faktor X yang membuat kuman masih ada dalam tubuh yang kita belum tahu persisnya," ujarnya.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)