Jumat, 13 Mar 2020 20:54 WIB

Mengenal Buah Namnam dan 5 Manfaatnya, Salah Satunya Imunitas Tubuh

Niken Widya Yunita - detikHealth
buah namnam Foto: Getty Images/iStockphoto/Photographer/Mengenal Buah Namnam dan 5 Manfaatnya, Salah Satunya Imunitas Tubuh
Jakarta -

Buah Namnam (Cynometra Cauliflora L) termasuk dalam famili kacang-kacangan. Kulitnya berwarna kecokelatan dan bentuk dagingnya mirip dengan jengkol. Buah ini banyak ditemukan di daerah Jateng khususnya Yogyakarta dan Solo.

Bahkan buah namnam kerap dipakai oleh kalangan keraton agar keringat mereka wangi. Buah ini langka dan disuka ibu hamil karena rasanya asam namun kaya manfaat.

Berikut manfaat buah namnam dilansir dari dailynews:

1. Kaya Vitamin C

Namnam memiliki bentuk unik. Namun kandungan vitamin C-nya tinggi. Setiap 100 mililiter sari buah namnam, terdapat 121.44 mg vitamin C. Vitamin C bermanfaat salah satunya mengobati sariawan.

2. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Saat ini sedang mewabah virus corona. Untuk mencegah terkena virus ini, kita harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Buah namnam berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Caranya dengan minum rebusan daunnya.

3. Mengurangi Berat Badan

Badan berlebih dapat memicu kolesterol, diabetes, hingga serangan jantung. Apalagi kita sibuk beraktivitas dan tidak sempat olahraga. Mengonsumsi buah namnam adalah pilihan tepat untuk menguruskan badan. Ya buah namnam bermanfaat untuk menguruskan badan. Caranya dengan minum rebusan daun namnam.

4. Cegah Sembelit

Buah namnam bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Buah namnam kaya akan serat alami yang dapat melancarkan pencernaan dengan maksimal. Dengan mengkonsumsi buah namnam, pencernaan akan lebih lancar dan mencegah sembelit.

5. Atasi Darah Tinggi

Buah namnam dapat mengatasi gangguan darah tinggi. Caranya daun buah namnam direbus, kemudian air rebusanya diminum secara teratur. Rasa rebusan air buah namnam seperti air biasa.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)