Minggu, 15 Mar 2020 16:00 WIB

Banyak Disebut, Social Distancing hingga 'WFH' Artinya Apa Sih?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai upaya cegah penyebaran corona. Area ruang publik seperti halte bus TransJakarta jadi sasaran penyemprotan disinfektan Petugas melakukan disinfeksi tempat umum di Jakarta (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Beberapa istilah yang baru muncul terkait dengan kasus virus corona baru adalah social distancing, dan WFH atau work from home. Apa sih maksudnya?

Istilah social distancing measure antara lain disebut-sebut oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia mengajak warga melakukan social distancing measure untuk mencegah persebaran virus corona.

Berikut arti istilah teknis yang perlu kamu ketahui dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Social Distancing

Melansir dari The Atlantic, social distancing adalah tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

Sedangkan menurut Center for Disease Control (CDC), social distancing adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar manusia.

2. Work From Home (WFH)

Mengutip BBC, work from home diartikan dengan berkerja dari rumah. Kamu tidak perlu lagi pergi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaanmu, demi mencegah risiko tertular virus corona Covid-19.

3. Lockdown

Dalam kasus virus corona, lockdown dilakukan untuk mengunci akses masuk dan keluar sebuah daerah atau negara untuk mencegah penyebaran penularan virus corona. Lockdown mengharuskan sekolah, tempat umum, transportasi umum, bahkan industri untuk tidak menjalani aktivitas sementara waktu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3