Senin, 16 Mar 2020 12:08 WIB

Profesor Imunologi Komentari Farhat Abbas Soal Obat Alergi Bisa Atasi Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi minum obat Ilustrasi obat alergi (Foto: iStock)
Jakarta -

Lagi, Farhat Abbas ramai diperbincangkan di media sosial oleh para netizen. Melalui akun Instagram pribadinya, ia memberikan saran untuk meminum obat anti alergi supaya terhindar dari infeksi virus corona COVID-19, yang kini tengah menghantui masyarakat.

"Ke ingat saat kesengat lebah, ada yg nyaranin kalo sakit bengkak boleh minum obat alergi. Ternyata manjur, gak gatal, sakit ataupun bengkak lagi saat batuk gak berhenti2 dikasih obat alergi ama dokter langsung sembuh, semoga virus korona juga demikian. Demikian. FA," tulis Farhat Abbas dalam postingan Instagram pribadinya, Minggu (15/3/2020).

Postingan Farhat Abbas soal obat alergi untuk virus corona.Postingan Farhat Abbas soal obat alergi untuk virus corona. Foto: Instagram

Menanggapi hal ini, Ketua Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia, Prof Dr dr Iris Rengganis, SpPD-KAI, menegaskan bahwa antialergi memang bisa menyembuhkan flu dan batuk, tetapi tidak untuk virus corona.

"Berbeda dengan corona, jadi jangan salah kaprah," kata Prof Iris kepada detikcom, Senin (16/3/2020).

"Flu, batuk dan mungkin ada faktor alerginya itu bisa ditambahkan dengan antialergi. Jadi mungkin menurut dia itu batuk-batuk yang disertai kemungkinan gejala alergi, itu memang bisa tambahkan dengan anti alergi dan itu nggak apa-apa," lanjutnya.

Prof Iris juga menjelaskan anti alergi memang seringkali terkandung di dalam obat flu dan batuk. Sementara itu dalam mencegah infeksi virus corona, ia menyarankan masyarakat untuk mengatur pola hidup yang sehat.

"Kalau untuk peningkatan daya tahan tubuh itu dengan perbaikan gizi yang seimbang," tuturnya.



Simak Video "Tren 'Coronacuts', Potong Rambut Sendiri Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)