Senin, 16 Mar 2020 19:03 WIB

Bisakah Pasien Balita Menularkan Virus Corona ke Ibunya?

Ayunda Septiani - detikHealth
Sosialisasi dan edukasi pencegahan virus corona dilakukan di Stasiun Gambir, Jumat, (31/1/2020). Berikut foto-fotonya. Ilustrasi virus corona COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengumumkan ada satu pasien yang dinyatakan positif mengidap virus corona atau COVID-19. Satu pasien itu merupakan balita berusia tiga tahun.


Dikabarkan balita tersebut berada di Depok, Jawa Barat pada 27 Februari hingga 3 Maret 2020. Dari hasil analisis dan wawancara, balita tersebut tidak ada kontak dengan yang positif terinfeksi COVID-19, namun memiliki gejala seperti COVID-19. Tapi, apakah balita atau anak-anak bisa menularkan virus corona kepada ibunya?

dr dr Anggraini Alam, Sp.A (K) Ketua UKK Infeksi dan Penyakit Tropis mengatakan, bahwa virus akan menular jika pasien bersin dan ludahnya bersentuhan dengan kulit.

"Secara pasti penularan dari ibu ke anak ini secara vertikal memang belum ada, namun secara teknis, potensi untuk menularkan virus corona yaitu melalui saluran pernapasan, seperti percikan ludah atau bersin lalu mengenai kulit," ujar dr Anggraini.

dr Anggraini menjelaskan, jika sudah ada gejala yang mirip influenza dan suhu tubuh tidak normal, lebih baik untuk isolasi mandiri di rumah.

"Kalau ada ibu batuk dan anaknya bersin, isolasi mandiri saja dan membersihkan sekitar agar tidak menularkan ke yang lain," tegasnya.



Simak Video "Hanya Mengingatkan! Hati-hati dengan Varian Mu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)