Selasa, 17 Mar 2020 09:21 WIB

Viral Bentuk Virus Corona Setelah Diperbesar 2.600 Kali, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral gambar diklaim bentuk virus corona setelah diperbesar 2.600 kali. Viral gambar diklaim bentuk virus corona setelah diperbesar. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta -

Di media sosial viral gambar yang diklaim bentuk virus corona COVID-19 setelah diperbesar 2.600 kali. Dikatakan virus memiliki bentuk yang mirip seperti tupai.

"Konon gambar mahluk korona itu tertangkap kamera dan di zoom atau diperbesar 2600 × dan hasilnya seperti di bawah ini. semoga Allah melindungi kita semua aamiin," tulis satu pengguna Facebook yang turut membagikan gambar.

Penelusuran detikcom dengan aplikasi verivikasi InVID menemukan bahwa gambar serupa juga dibagikan oleh pengguna media sosial Twitter @helios_en pada 26 Februari 2020 lalu. Hanya saja dalam keterangannya disebut gambar menunjukkan kumbang weevils dari keluarga Curculionoidea.

"Serangga ini ukurannya kecil, kurang dari 6 milimeter (4 inci) dan herbivora. Makanan kesukaannya, antara lain tepung, oat, barley, dan sereal sarapan," tulis Helios.

Dikutip dari enskilopedia Britannica, kumbang weevil memiliki ciri khas 'sungut' panjang yang dipakai untuk membuat lubang tempat bertelur. Kumbang weevil dianggap sebagai hama karena memakan tumbuhan seperti padi dan gandum.

Enskilopedia sama sekali tidak menyebut ada hubungan antara kumbang weevil dengan virus corona. Dengan demikian bisa dipastikan bahwa gambar yang beredar adalah hoax aliat palsu.



Simak Video "Daftar 54 Hoax Mengenai Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)