Selasa, 17 Mar 2020 12:11 WIB

Test Pack Corona COVID-19 Bertebaran di Lapak Online, Terpercaya Nggak?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
test pack corona Test pack Virus Corona COVID-19 banyak dijual di lapak online (Foto: tangkapan layar)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona
Jakarta -

Di tengah tingginya minat untuk melakukan tes corona, test pack 'instant' yang diklaim bisa mendeteksi COVID-19 marak diperjualbelikan. Di lapak online, dijual dengan harga sekitar Rp 1 juta.

"Satu-satunya tes paten untuk Corona Virus terbaru di Indonesia. Tes dilakukan dan hasil terlihat dalam 8-15 menit. Alat tes standard dipakai di China Hospital. Stock terbatas," tulis salah satu pelapak, seperti dikutip pada Selasa (17/3/2020).

Dalam keterangan di bungkusnya, tertulis 'COVID-19 IgM/IgG Antibody Rapid Detection Kit'. Spesimen yang digunakan, berdasarkan bagan cara pakainya, adalah sampel darah.

Apakah alat ini terpercaya? Ahmad Utomo, Principal Investigator di Stem Cell and Cancer Research Institute, menyarankan untuk lebih dahulu memastikan cara kerjanya, apakah berbasis antibodi atau PCR (Polymerase Chain Reaction). Juga harus dipastikan, apakah alat tersebut tervalidasi dengan baik.

"Tapi saya tidak menganjurkan untuk beli, karena bagaimanapun harus dikerjakan oleh laboratorium," kata Ahmad dalam diskusi yang digelar Society of Indonesian Science Journalists (SISJ) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Test kit berbasis antibodi, menurut Ahmad, memiliki kelebihan bisa memberikan hasil lebih cepat yakni sekitar 15-20 menit. Hasil positif dengan 'rapid diagnostik' seperti ini menandakan seseorang pernah terpapar virus corona COVID-19.

"Untuk skrining di bandara misalnya, rapid diagnostik cukup menjanjikan karena hanya 20 menit. Supaya aware bahwa pernah terinfeksi," jelasnya, tentang test kit berbasis antibodi.



Simak Video "Ilmuwan Jerman Pamerkan Alat Uji Corona Baru yang Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/fds)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona