Rabu, 18 Mar 2020 11:01 WIB

Bisa Ditiru Nih! 5 Fakta Tes Corona 'Drive-thru' di Korsel

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
A woman wearing a face mask passes by posters about precautions against the COVID-19 illness on a street in Seoul, South Korea, Tuesday, March 10, 2020. For most people, the new coronavirus causes only mild or moderate symptoms, such as fever and cough. For some, especially older adults and people with existing health problems, it can cause more severe illness, including pneumonia. The sign reads Ilustrasi virus corona COVID-19 (Foto: AP Photo/Ahn Young-joon)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona
Jakarta -

Korea Selatan menerapkan deteksi virus corona COVID-19 seluas-luasnya bagi warganya, termasuk lewat drive thru. Strategi ini dinilai penting untuk mendeteksi sebanyak mungkin kasus sehingga wabah bisa lebih mudah dikendalikan.

Drive thru test juga disebut memudahkan warga untuk melakukan tes dalam waktu singkat, bahkan tanpa harus turun dari kendaraan. Berikut 5 fakta terkait tes corona 'drive thru' di Korea Selatan:

1. Pemeriksaan sama seperti di RS

Pemeriksaan yang dilakukan di pos drive thru ini dilakukan oleh petugas medis yang sudah memakai pelindung lengkap. Pengemudi akan diperiksa suhu tubuh serta diambil sampel lendir tenggorokan dan hidung.

2. Cuma 10-15 menit

Tak butuh waktu lama, pemeriksaan yang dilakukan petugas medis di pos drive thru hanya memakan waktu 10 hingga 15 menit.

Sebelum diperiksa warga dipastikan mengisi formulir identitas diri sekaligus riwayat perjalanan dan kondisi kesehatan.

3. Disebut lebih aman dan cepat

Wali Kota Goyang, Lee Jae-joon, menyebut cara ini lebih aman dan cepat untuk melacak suspect corona daripada pemeriksaan di rumah sakit dan klinik.

"Dengan cara ini lebih sedikit orang-orang menjalin kontak tatap muka. Jika kita melakukan pemeriksaan di ruangan tertutup, ada kekhawatiran jika suspect corona bisa menularkan penyakit ke orang lain di ruangan tunggu," kata Lee seperti dikutip dari CNN, Rabu (18/3/2020).

4. Tidak dipungut biaya

Berdasarkan laporan The Washington Post, seperti di rumah sakit, tes swab melalui layanan drive-through juga tak dipungut biaya. Hasil pemeriksaan juga akan keluar sehari setelah melakukan tes.

5. Hasil tes dikirim melalui pesan singkat

Warga Korea Selatan yang sudah melakukan pemeriksaan virus corona COVID-19 akan diberi tahu hasilnya melalui pesan singkat yang dikirimkan dari pusat pemeriksaan.



Simak Video "Alasan Orang Masih Menolak Tes Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Serba-serbi Tes Corona