Jumat, 20 Mar 2020 13:43 WIB

Gejala Demam Virus, Apakah Sama dengan Terinfeksi COVID-19?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Jumlah total kasus virus Corona atau Covid-19 di Korsel telah mencapai 7.513 kasus. Korsel pun terus berperang melawan Corona karena jumlah pasien terus bertambah. Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun/Gejala Demam Virus, Apakah Sama dengan Terinfeksi COVID-19?
Jakarta -

Kasus infeksi virus corona di Indonesia masih terus menunjukkan peningkatan, meski banyak juga yang sembuh. Hingga Kamis (20/3/2020), ada 309 kasus positif COVID-19 dengan 15 berhasil sehat kembali dan 25 meninggal dunia.

Pemerintah mengambil langkah mendatangkan rapid tes virus corona untuk mendeteksi penyakit lebih cepat. Dengan deteksi lebih cepat, pasien dan tenaga kesehatan bisa segera mengetahui gejala penyakit diakibatkan virus corona atau patogen lainnya. Selanjutnya, pasien bisa mendapat penanganan secepatnya dan segera sembuh.

Dikutip dari CNN, gejala terinfeksi virus corona hampir sama dengan gejala demam virus lainnya. Suhu tubuh mengalami peningkatan dibanding pada kondisi normal yakni sekitar 36,5-37,5 derajat Celcius, sehingga terjadi demam. Namun ada perbedaan yang mengakibatkan gejala terinfeksi virus corona lebih mudah dideteksi, yaitu:

1. Sempat bepergian ke negara yang dianggap sumber virus corona dalam 14 hari

2. Sempat kontak dengan pasien yang mengalami infeksi corona

Gejala terinfeksi virus corona biasanya muncul dalam 2-10 hari setelah kontak dengan virus corona atau COVID-19. Dalam beberapa kasus, gejala malah baru muncul setelah sekitar 24 hari. Pasien juga kadang sulit membedakannya dengan gejala demam virus lain, sehingga menganggapnya bukan COVID-19.

Pasien tidak perlu bingung membedakannya dengan gejala demam virus lain, jika memiliki dua kondisi yang telah disebutkan. Selanjutnya, pasien bisa segera ke rumah sakit dan menjalani tes sehingga lekas ditangani. Gejala terinfeksi virus corona bisa pulih lebih cepat dengan penanganan yang tanpa menunda.

Kondisi lain yang bisa membedakan gejala terinfeksi virus corona dan patogen lain adalah durasi demam. Dikutip dari Business Insider, gejala terinfeksi virus corona makin parah memasuki hari kelima. Pasien mengalami kesulitan bernapas apalagi pada yang punya masalah kesehatan sebelumnya.

Sementara pada pasien dengan gejala demam virus lain, misal dengue, kondisinya terlihat membaik di hari ketiga hingga kelima. Suhu tubuh pasien turun dan keluar keringat dingin sehingga kerap disangka pasien telah sembuh. Padahal pada periode ini terjadi syok yang bisa membahayakan pasien jika tidak segera mendapat penanganan.

Tentunya, pasien dengan gejala terinfeksi virus corona tak perlu menunggu 3-5 hari untuk membedakannya dengan dengue. Apalagi jika pasien punya riwayat bepergian dan kontak dengan pasien corona. Pasien bisa segera ke rumah sakit dan melakukan tes, tanpa perlu bingung apakah yang dialami merupakan gejala demam virus lainnya.

Hingga saat ini belum ada obat atau vaksin corona yang bisa diberikan pada pasien. Seperti kebanyakan penyakit lain yang diakibatkan virus, penanganan bersifat suportif untuk menguatkan daya tahan tubuh sehingga bisa melawan penyebab penyakit. Hal ini juga membedakan gejala demam virus dengan bakteri yang biasanya ditangani dengan pemberian antibiotik.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)