Sabtu, 21 Mar 2020 14:58 WIB

Viral! RSUD di Sulsel Kehabisan APD, Dokter Hanya Gunakan Jas Hujan Plastik

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral video tenaga medis di RSUD Lanto Dg Pasewang pakai jas hujan. Viral video tenaga medis di RSUD daerah Sulawesi Selatan pakai jas hujan. (Foto: Tangkapan layar Twitter)Lanto Dg Pasewang
Jakarta -

Satu video petugas medis yang sedang mengenakan alat pelindung diri (APD) berupa jas hujan plastik, viral di media sosial. Diketahui petugas medis tersebut berasal dari RSUD Lanto Dg Pasewang, Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Video yang dibagikan oleh akun Twitter @non_tary tersebut kini, Sabtu (21/3/2020), telah mendapatkan lebih dari 12 ribu retweet dan sekitar 13 ribu like.

"Kami hanya bisa gunakan APD seadanya pak @jokowi tolong bantu kami.. Pujian tidak ada gunanya pak," tulis @non_tary dalam video unggahan tersebut, Jumat (20/3/2020).

Menanggapi hal ini, tim detikcom melakukan konfirmasi kepada salah satu pihak rumah sakit yaitu, dr Pasriani yang juga sebagai pelaksana tugas kepala bagian tata usaha di RSUD Lanto Dg Pasewang.

dr Pasriani mengatakan rumah sakit di tempatnya bekerja memang sedang kekurangan APD dan persediaannya pun kian menipis. Hal ini berkaitan dengan virus corona COVID-19 yang kini sedang mewabah.

"Kami memakai apa yang memang sudah ada. Tanpa COVID-19 pun kami siap APD, tapi karena pemakaiannya sekali pakai, maka penggunaannya menjadi banyak," kata dr Pasriani kepada detikcom, Sabtu (21/3/20220).

"Kalau keadaan ini jadi berlanjut lama, pasti kami akan kehabisan," lanjutnya.

dr Prasiani mengaku selama kehabisan hazmat atau baju khusus untuk penanganan pasien virus corona, petugas medis di RSUD Lanto Dg Pasewang hanya mengenakan jas hujan plastik sebagai alternatif sementara.

"Itu (jas hujan plastik) alternatif, sambil menunggu pesanan datang," terangnya.

Tak hanya itu, dr Prasiani juga menjelaskan berbagai macam alat penunjang lainnya untuk penanganan pasien terkait virus corona hanya cukup untuk selama tujuh hari.

"Masker medis, masker N95, hand sanitizer cukup untuk tujuh hari ke depan. Cover all APD set sudah hampir habis," tuturnya.



Simak Video "Mengenal Fasilitas Khusus di Ruang Isolasi Pasien Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)