Selasa, 24 Mar 2020 14:00 WIB

Jokowi Sarankan Physical Distancing, Apa Bedanya dengan Social Distancing?

Firdaus Anwar - detikHealth
social distancing Physical distancing disebut lebih tepat untuk hadapi wabah virus corona. (Foto: Shutterstock)
Topik Hangat Glosarium COVID-19
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut physical distancing jadi cara tepat mencegah penularan virus corona COVID-19 di Indonesia. Sebelumnya yang ramai dibicarakan adalah social distancing. Memang apa sih bedanya?

"Di negara kita memang yang paling pas adalah physical distancing. Menjaga jarak aman, itu yang paling penting," tutur Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Gubernur se-Indonesia yang disiarkan lewat YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/3/2020).

Istilah social distancing memang awalnya digunakan oleh beberapa ahli sebagai sebutan upaya menjaga jarak dengan orang lain. Namun belakangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berusaha mengubah istilah tersebut dengan physical distancing sehingga tidak menimbulkan kerancuan di antara masyarakat.

"Kita awalnya mulai dengan istilah 'social distancing' dan saya pikir beberapa orang tidak begitu mengerti artinya. Ada kekhawatiran hal ini menyebabkan isolasi sosial," kata ahli penyakit infeksi Dr Jeff Kwong dari University of Toronto.

"Jadi kami pikir mungkin istilah yang lebih tepat adalah 'physical distancing' karena memang pada intinya adalah bagaimana kita harus jauh secara fisik, namun dekat secara sosial," lanjutnya seperti dikutip dari Global News, Selasa (24/3/2020).

Istilah social distancing dikhawatirkan dianggap juga sebagai upaya untuk memutus atau menjaga jarak hubungan sosial. Hal tersebut justru berbahaya karena isolasi sosial malah bisa berdampak buruk untuk kesehatan mental yang kemudian berdampak pada kebugaran fisik.

WHO menyebut sudah banyak negara yang mengikuti anjuran ini. Beberapa negara bahkan memakai anjuran ini sebagai solusi untuk atasi virus corona.



Simak Video "WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Glosarium COVID-19