Rabu, 25 Mar 2020 07:16 WIB

Pandemi Virus Corona, Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda Hingga 2021

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Olimpiade Jepang 2020 tinggal sisakan 123 hari lagi. Namun ajang olahraga terbesar di dunia itu terancam batal akibat wabah corona yang menjadi pendemi global. Olimpiade Tokyo resmi ditunda. (Foto: AP Photo/Jae C. Hong)
Jakarta -

Setelah pemerintah Jepang, Shinzo Abe, berbicara dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, mereka sepakat untuk menunda Olimpiade Tokyo hingga 2021. Keputusan ini dibuat karena adanya kekhawatiran atas pandemi virus corona.

Abe mengatakan Jepang dan Komite Olimpiade Internasional telah sepakat saat berbincang melalui telepon, menyusul seruan penundaan yang terus meningkat agar pertandingan ditunda dan akan diadakan paling lambat pada musim panas di 2021.

"Mempertimbangkan situasi saat ini, sehubungan dengan Olimpiade Tokyo, sebagai negara tuan rumah untuk memastikan atlet dari seluruh dunia dapat bersaing dalam kondisi terbaik mereka dan juga memastikan keamanan bagi penonton, saya telah meminta untuk mempertimbangkan penundaan (olimpiade) sekitar satu tahun," tutur Abe dikutip dari NBC News.

Olimpiade Tokyo awalnya akan diselenggarakan pada 24 Juli hingga 9 Agustus sementara Paralimpiade pada tanggal 25 Agustus hingga 6 September.

"Kami setuju bahwa Olimpiade Tokyo bisa tetap menjadi mercusuar harapan bagi dunia selama masa-masa sulit dan nyala api Olimpiade dapat menjadi cahaya di ujung terowongan," tulis pernyataan IOC bersamaan dengan komite penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020.

IOC telah menangani beberapa potensi ancaman kesehatan di masa lalu tetapi tidak ada yang begitu serius sehingga tidak mempengaruhi jadwal yang telah ditentukan. Ini adalah gangguan besar pertama pada Olimpiade sejak Perang Dunia II kala Olimpiade Musim Panas 1944 dibatalkan.



Simak Video "Negara Bebas Corona, Mana Saja Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)