Jumat, 27 Mar 2020 06:05 WIB

5 Asupan yang Diklaim Bisa Redakan Sesak Napas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Portrait of a female doctor Sesak napas bisa diredakan dengan asupan nutrisi yang tepat (Foto: iStock)
Jakarta -

Pernah nggak sih saat bangun tidur atau beraktivitas pagi, merasa napas agak sesak? Ini pun menjadi salah satu gejala saat terinfeksi virus corona juga lho.

Tapi, jangan panik masih ada cara mudah untuk mengatasi sesak napas yang sering terjadi. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini 5 asupan yang bisa bantu kurangi sesak napas.

1. Biji-bijian

Biji-bijian berserat seperti gandum, quinoa, dan beras merah bisa bantu menyehatkan paru-paru. Jadi, mulai kurangi makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana seperti pasta putih.

Saat mengkonsumsi itu, produksi karbon dioksida akan meningkat dan malah menekan paru-paru. Akhirnya, membuatnya sulit bernapas dengan baik.

2. Kacang

Kacang memberikan vitamin E untuk tubuh, yang bisa membantu mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menciptakan sel darah merah yang mengantarkan banyak oksigen untuk tubuh.

Dengan itu, pasokan oksigen pada paru-paru akan stabil, sehingga mencegah pembuluh darah di paru-paru menyempit. Itu membuat pernapasan menjadi lebih baik.

3. Buah-buahan

Vitamin C sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dan peradangan. Untuk mendapatkannya, bisa dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang berwarna oranye, seperti labu, jeruk, dan pepaya.

Itu kaya akan antioksidan, sehingga ramah untuk paru-paru. Tapi, perlu diingat harus tetap mengkonsumsi buah dan sayur yang bervariasi ya.

4. Kafein

Bukan hanya menahan kantuk, kafein juga bisa membantu mengatasi sesak napas. Kafein yang berperan sebagai bronkodilator ini berfungsi untuk membuka saluran udara yang ketat pada pengidap asma dan mengurangi kelelahan otot pernapasan.

Berdasarkan beberapa studi, kafein juga bisa meningkatkan fungsi paru-paru hingga empat jam lho.

5. Jus apel

Apel mengandung asam fenolik dan flavonoid, yang dikenal bisa mengurangi peradangan pada saluran udara. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang dilakukan di Inggris.

Dalam penelitian itu, menemukan bahwa anak-anak yang minum jus apel sekali dalam sehari, bisa mengurangi permasalahan pernapasan.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)