Sabtu, 28 Mar 2020 11:14 WIB

Ini Cara Tingkatkan Imunitas untuk Si Kecil yang Alergi

Abu Ubaidillah - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Hangatnya isu terkait Covid-19 pasti membuat para orang tua mengkhawatirkan kondisi kesehatan si kecil. Apalagi untuk si kecil yang memiliki bakat alergi. Lalu, bagaimana cara agar anak dengan alergi dapat terjaga daya tahan tubuhnya?

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menyebut alergi pada si kecil dapat terjadi karena infeksi bakteri dan virus akibat kondisi yang tidak baik. Ketika anak mengalami gejala alergi, tentu sistem daya tahan tubuhnya juga terganggu.

Menurutnya, alergi pada anak dapat terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mereka bereaksi secara abnormal terhadap pemicu alergi atau yang biasa disebut dengan alergen. Beberapa makanan penyebab alergi pada anak antara lain telur, ikan, kacang, dan gandum.

"Penyebab alergi lain adalah obat-obatan, bulu binatang peliharaan, udara yang kotor seperti asap rokok, serbuk bunga, udara dingin, dan zat asing lain," ujar dr Muliaman kepada detikHealth, baru-baru ini.

Ia menambahkan, sebaliknya, infeksi virus dan bakteri tertentu dapat memicu alergi, misalnya seorang anak yang terinfeksi virus dan akan mengalami alergi dengan gejala seperti pada saluran pernapasan. Kondisi ini sering dipicu oleh makanan, udara di sekitar, hingga sistem imun anak yang berkurang.

"Pada kondisi ini maka dibutuhkan penghindaran terhadap alergen tadi, daya tahan tubuhnya diperbaiki dengan nutrisi yang lebih baik," lanjutnya.

Meskipun infeksi virus dapat menyebabkan alergi dan juga sebaliknya, Anda tidak perlu khawatir karena alergi bisa dikendalikan asalkan tahu nutrisi mana yang perlu dikonsumsi oleh si kecil.

dr Muliaman menambahkan, memperbaiki sistem imun untuk menghindarkan si kecil dari alergi bisa dilakukan dengan memberinya berbagai macam nutrisi seperti protein, vitamin A, B, C, D, dan E, serat beberapa mineral seperti selenium, zat besi, seng, omega 3 & 6, serta DHA.

Selain itu, nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah pemberian probiotik atau bakteri yang baik, terutama bifidobacterium untuk bayi dan anak ternyata bisa meningkatkan proteksi terhadap bakteri dan virus.

Sebagai asupan nutrisi tambahan, Anda bisa memberikan Morinaga Chil Kid Soya untuk si kecil yang memiliki riwayat alergi keluarga. Susu ini mengandung formula moricare+ prodiges yaitu gabungan nutrisi tepat dari faktor kecerdasan multitalenta, faktor pertahanan tubuh ganda, dan faktor tumbuh kembang optimal. Selain itu juga bisa pilih Morinaga Chil Kid P-HP dengan isolat protein kedelai yang berkualitas tinggi setara protein susu sapi bagi anak yang mengalami alergi susu sapi agar si kecil tumbuh sehat cerdas.



Simak Video "Gerah! Kenapa Musim Kemarau Kali Ini Terasa Panas Banget?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)