Senin, 30 Mar 2020 06:27 WIB

5 Tips Meredam Cemas di Tengah Pandemi Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Namaste gesture close up photo, young attractive woman practicing yoga, working out, wearing wrist bracelets and rings, indoor, yoga studio, behind the shoulder view. Contemplation concept Meditasi juga bisa meredam cemas (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta -

Cemas bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Tapi rasanya sulit untuk tidak cemas mengamati perkembangan pandemi virus corona COVID-19 yang terus meluas.

Satu sisi, cemas adalah perasaan yang sangat manusiawi. Namun mengatasi takut dan cemas juga penting untuk menjaga mental tetap kuat dalam menghadapi pandemi.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meredam cemas yang mulai melanda adalah sebagai berikut:

1. Batasi akses media sosial

Disarankan untuk membatasi diri maksimal 30 menit memantau media sosial. Terlalu banyak informasi, yang tidak semuanya penting, bisa memperburuk serangan rasa cemas.

2. Fokus ke hal-hal yang bisa dikontrol

Sejujurnya ada banyak hal yang berada di luar kendali. Satu-satunya yang pasti bisa dilakukan adalah jaga diri, melindungi dari risiko tertular. Misalnya dengan saling menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

3. Sibukkan diri

Pembatasan sosial dengan tetap berada di rumah bukan berarti tidak melakukan apa-apa. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan positif tidak hanya mengalihkan rasa cemas, melainkan juga jadi lebih produktif.

4. Tumpahkan pada waktunya

Bagaimanapun, rasa cemas itu wajar di tengah berbagai ketidakpastian. Yang tidak boleh adalah berlebihan. Akan sangat membantu jika bisa mengatur waktu untuk sejenak menumpahkan segala kecemasan, baik dengan curhat maupun menuliskannya dalam catatan harian.

5. Pilih teman yang baik

Jika butuh curhat, cari teman yang bisa memahami perasaan tanpa menghakimi. Hindari juga teman yang justru bikin tambah panik.



Simak Video "Tips Berpuasa bagi Pasien Gangguan Kecemasan dan Psikosomatik"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)