Selasa, 31 Mar 2020 15:37 WIB

Jokowi Tegaskan Kesehatan Masyarakat Nomor Satu di Tengah Wabah Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Presiden Jokowi Jokowi tegaskan kesehatan masyarakat jadi prioritas pemerintah. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kesehatan masyarakat jadi prioritas nomor satu di tengah wabah virus corona COVID-19. Jokowi juga telah menetapkan status darurat kesehatan masyarakat.

"Inti kebijakan kita sangat jelas dan tegas. Yang pertama kesehatan masyarakat adalah yang utama. Oleh sebab itu kendalikan penyebaran COVID-19 dan obati pasien yang terpapar," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Hanya saja Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia tidak bisa sembarangan menerapkan strategi penanganan corona seperti yang dilakukan negara lain. Ada berbagai faktor yang menentukan seperti kondisi geografis, karakter dan budaya penduduk, hingga kemampuan fiskal.

"Kita harus belajar dari pengalaman negara lain. Tetapi kita tidak bisa menirunya begitu saja sebab semua negara memiliki ciri khas masing-masing," kata Jokowi.

"Oleh karena itu kita tidak boleh gegabah dalam merumuskan strategi. Semuanya harus dihitung, semuanya harus dikalkulasi dengan cermat," pungkasnya.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)