Rabu, 01 Apr 2020 12:30 WIB

Khawatir Virus Corona Tulari Keluarga, Dokter Tinggal di Garasi Rumahnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tenaga medis tinggal di garasi rumah Banyak tenaga medis melakukan berbagai cara agar tidak menulari keluarganya virus corona. (Foto: Instagram dr Cheng @timcheng18/Screenshot Viral)
Jakarta -

Setelah dr Tim Cheng, ahli paru dan perawatan kritis di Orange Country, California, melihat kondisi pasien virus corona COVID-19, ia memutuskan untuk mengisolasi dirinya dan pindah ke tenda di garasi rumahnya untuk menghindari kemungkinan infeksi virus tersebut menulari anak dan istrinya.

Setelah menjadi garda terdepan penanganan virus corona, ia tidak mau ambil risiko. Secara sukarela, ia menjadi 'tunawisma' untuk melindungi keluarganya jika dirinya terinfeksi dan membawa virus.

"Saya pernah seharian tidur di mobil, dan 4 hari tidur di kamar rumah sakit. Di hari ke lima, istri saya menyarankan agar saya tidur di tenda di garasi mobil rumah saya. Jadi saya akan tinggal disini mungkin selama beberapa minggu bahkan berbulan-bulan," tulis dr Cheng di akun Instagram pribadinya yang kemudian menjadi viral.

[Gambas:Instagram]

Dalam wawancaranya dengan NBC News' Social Newsgathering Team, Cheng mengatakan ia tinggal bersama istri, anak perempuan, dan mertuanya. Ia mengatakan mertuanya juga mengidap kondisi immunocompromised atau masalah kekebalan tubuh sehingga ia tidak mau mengambil risiko.

"Saya membuat keputusan untuk harus mengisolasi diri dari anggota keluarga karena tidak ingin mengambil kesempatan itu (tertular virus corona," kata dr Cheng.

Postingannya tersebut sudah mendapat 15 ribu tanggapan dan ribuan komentar. Banyak warganet yang sangat berterimakasih atas dedikasi dr Cheng dan menganggapnya pahlawan.

"Kalian bisa membantu saya dengan tetap tinggal di rumah. Banyak dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya yang bekerja keras untuk menyelamatkan HIDUP ANDA. Paling tidak yang bisa Anda lakukan adalah tinggal di rumah sehingga kami pun bisa pulang ke rumah orang yang kita cintai suatu hari nanti," tutup dr Cheng.



Simak Video "Jawaban Dokter Soal Proses Penularan hingga Proteksi Diri dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)