Kamis, 02 Apr 2020 20:00 WIB

Lakukan 5 Hal Ini agar Terhindar dari Virus Corona

Lusiana Mustinda - detikHealth
Virus corona: Berapa lama virus corona bisa bertahan pada permukaan? Pencegahan virus corona. Foto: BBC Karangan Khas
Jakarta -

Virus corona kini telah menjadi pandemi yang menyebar tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dibanyak negara di dunia. Untuk menghindari terkenanya virus corona, World Health Organization (WHO) mengungkap bagaimana cara penyebaran virus corona.

COVID-19 ini bisa menyerang melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika seseorang yang terinfeksi mengalami bersin atau batuk. Jika tetesan ini mengenai benda atau permukaan kemudian disentuh dan mengenai mata, hidung atau mulut maka lebih mudah menjangkiti seseorang.

Sehingga pemerintah pun menyarankan masyarakat untuk melakukan social discanting dan menjaga jarak sekitar 1 meter lebih dari orang yang sakit.

Lalu apakah virus corona bisa menyebar melalui udara?

Menurut dr Soedarsono, virus ini tidak melayang-layang di udara. Akan tetapi virus ini menular lewat droplets yang terpercik ketika pasien positif batuk hingga bersin.

Berikut 5 hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari virus corona sesuai saran WHO:

1. Cuci tangan dengan sabun

Terapkan kebiasaan cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Jika tidak bisa mencuci tangan dengan sabun, kamu bisa mencuci tangan dengan bahan yang mengandung alkohol. Ini akan membantu membunuh virus yang mungkin menempel ditangan kita.

2. Lakukan Social Distancing

Jaga jarak minimal 1 meter dengan mereka yang batuk atau bersin. Ketika seseorang batuk atau bersin mereka mungkin saja menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang bisa saja mengandung virus. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin mengandung virus COVID-19.

3. Jangan Sentuh Mata, Hidung dan Mulut

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Karena tangan yang menyentuh banyak permukaan dan virus bisa saja menempel di sana. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung atau mulut kamu. Dari situlah virus dapat masuk ke tubuh dan membuat seseorang terinfeksi.

4. Lakukan Etika Bersin yang Benar

Jika ingin bersin sebaiknya lakukan dengan etika yang benar. Pastikan selalu menutupi mulut dan hidung dengan siku tangan yang ditekuk ketika batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekasnya agar tetesannya tak menyebarkan virus (https://www.detik.com/tag/cara-mencegah-virus-corona) .

5. Segera Berobat

Segeralah berobat jika mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas. Cari bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat.



Simak Video "Kenali Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)