Senin, 06 Apr 2020 12:17 WIB

Perlu Tahu! Ini Cara Penggunaan Masker Kain yang Benar untuk Cegah Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Masker kain bisa dijadikan masyarakat sebagai alternatif masker medis yang mulai langka, karena masker kain juga dapat menangkal penularan virus corona. Masker kain jadi alternatif di tengan wabah corona. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Pemerintah RI telah mewajibkan penggunaan masker bagi mereka yang harus bepergian meski tidak sedang sakit. Masker kain lebih disarankan sebab masker bedah dan N95 diperuntukkan bagi tenaga medis.

Selain itu, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan penggunaan masker di ruang publik di mana langkah-langkah jaga jarak sosial sulit diterapkan, misalnya supermarket atau apotek, juga di wilayah transmisi lokal virus corona yang signifikan.

Masker wajah bisa terbuat dari bahan-bahan rumah tangga atau material yang mudah diperoleh. Mengutip laman resmi CDC, penting untuk diingat bahwa masker kain tidak boleh digunakan oleh anak di bawah usia 2 tahun atau siapapun yang mengalami kesulitan bernapas atau sesak saat menggunakan masker kain.

Selain itu, masker kain juga harus:

- Pas di wajah tapi tetap nyaman
- Terdapat tali atau pengait telinga
- Memiliki beberapa lapisan
- Tetap memungkinkan untuk bernapas tanpa halangan
- Bisa dicuci dan dikeringkan tanpa mengubah bentuknya

Saat menggunakan masker kain, masyarakat juga harus berhati-hati untuk TIDAK menyentuh mata, hidung, dan mulut saat melepasnya. Segera cuci tangan setelah melepas masker kain dan rajin mencuci masker kain.



Simak Video "Nggak Usah Beli, Bikin Masker Kain Mandiri Cuma 1 Menit "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)